Asuransi Kesehatan Di Korea

Asuransi kesehatan di Korea patut diacungi jempol karena sama suksesnya dengan Asuransi Kesehatan di Jepang dimana masyarakat malah akan merasa sangat rugi ketika mereka tidak mengikuti asuransi kesehatan.

Masalah Jaminan kesehatan di Korea Selatan sudah dimulai pada tahun 1976, Korea Selatan memulai jaminan sosialnya dengan mengembangkan asuransi kesehatan wajib di tahun 1976 setelah selama 13 tahun gagal mengembangkan asuransi kesehatan secara sukarela. Asuransi kesehatan kini wajib dimulai dari pemberi kerja yang memiliki banyak pekerja hingga adanya ketentuan jumlah pekerja itu terus diturunkan dan sekarang pemberi

asuransi kesehatan

asuransi kesehatan

kerja yang hanya memiliki dua pekerja pun diwajibkan ikut asuransi kesehatan.

Pada tahun 1989 seluruh penduduk telah memiliki asuransi kesehatan yang diselenggarakan oleh lebih dari 300 lembaga nirlaba. Kini seluruh badan penyelenggara asuransi ini dijadikan satu badan penyelenggara yaitu National Health Insurance Corporation (NHIC), yakni suatu lembaga semi-pemerintah yang independen dengan cakupan praktis seluruh penduduk (Park, 2002). Pada tahun 1989 asuransi kesehatan sudah mencapai cakupan seluruh penduduk yang berjumlah 47,5 juta jiwa.

Manfaat yang diberikan oleh NHIC adalah jaminan kesehatan komprehensif yang mencakup medical check up, pelayanan kesehatan, penggantian berupa uang tunai pada kondisi tertentu seperti dalam keadaan yang darurat dan santunan penguburan, setiap peserta wajib membayar co-payment yang jumlahnya bervariasi antara  fasilitas kesehatan, jenis pelayanana dan kelompok peserta. Rata-rata besarnya co-payment bisa mencapai 40-50% dari biaya berobat, kecuali penduduk tertentu (tua, tidak mampu secara finansial, atau di daerah di tempat terpencil). Pelayanan kesehatan diberikan melalui fasilitas kesehatan pemerintah maupun swasta (lebih dari 90%) dengan sistem klaim. Klaim harus diperiksa terlebih dahulu oleh suatu lembaga independen lain (HIRA, Health Insurance Review Agency) sebelum NH.

Ada dua jenis asuransi kesehatan di Korea selatan: asuransi kesehatan dari pemerintah dan asuransi swasta. Asuransi swasta misalnya AIG atau Chubb untuk international student, biasanya tidak meng-cover pregnancy-related treatments. Oleh sebab  itu, bagi pelajar yang membawa keluarga ke Korea Selatan,dianjurkan menggunakan asuransi kesehatan pemerintah dibanding asuransi kesehatan dari swasta.

Dengan system asuransi kesehatan yang dijalankan oleh Korea Selatan, pelayanan kesehatan public menjadi jauh lebih baik dibandingkan negara maju seperti Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri asuransi telah berkembang dengan pesat. Salah satunya untuk pentingnya asuransi syariah yang kini mulai menjadi pilihan umat muslim dalam memilih asuransi.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: