Asuransi Kendaraan? Kenali Beberapa Hal Ini

Bagi kalian yang baru membeli kendaraan bermotor, sangat dianjurkan untuk menggunakan asuransi kendaraan terbaik untuk proteksi permasalahan kendaraan kamu. Apalagi kendaraan kamu ini sedang dicicil pembayarannya. Tapi, ada beberapa hal yang wajib untuk kamu ketahui tentang asuransi kendaraan, di antaranya:

  1. Kamu wajib mengerti tentang syarat-syarat yang berlaku di dalam setiap asuransi. Hal ini untuk menghindari
    ausransi mobil

    ausransi mobil

    perbedaan persepsi antara kamu dengan pihak dari agen asuransi tersebut. Kamu harus mengerti apa yang di-cover­ dari asuransi tersebut, kerusakan yang dapat di klaim, cara pengajuan, jangka waktu yang tertera, serta bagaimana proses penanganannya. Misalnya jika terjadi kerusakaan saat kamu menata barang di atas mobil, apakah hal ini termasuk ke dalam perlindungan asuransi atau tidak?

  2. Tidak semua bentuk kerusakan yang terjadi pada kendaraan kamu dapat di klaim kepada pihak asuransi kendaraan. Beberapa jenis asuransi kendaraan memiliki jaminan yang berbeda.
  3. Kamu harus paham betul tentang kerusakan yang terjadi pada kendaraan kamu dan bagaimana kronologisnya. Persyaratan dari semua asuransi adalah validitas pelaporan kejadian dengan pelaporan survey. Bila fakta yang terjadi tidak sesuai dengan yang sebenarnya atau tidak sesuai dengan hasil kebenaran dari pihak surveyor asuransi, tentu kamu tidak akan dapat melakukan pengajuan proteksi atau ganti rugi dari asuransi itu sendiri.
  4. Terdapat TLO (atau Total Lost Only), yaitu pengajuan asuransi kendaraan untuk ganti rugi kehilangan kendaraan kamu. Kamu dapat melakukan pengajuan TLO apa bila kamu mengalami kerusakan minimal sebesar 75%.
  5. All Risk, pengajuan ganti rugi kepada asuransi apa bila kamu mengalami kerusakan seperti lecet, penyok, atau hal lainnya. Asuransi satu ini cukup membantu untuk menjaga kondisi dari kendaraan kamu terhadap ‘luka’ berskala ringan maupun sedang.

Asuransi kendaraan merupakan bentuk dari ‘sedia payung sebelum hujan’. Kamu tidak dapat prediksi apa yang akan terjadi, namun ada baiknya mempersiapkan untuk kemungkinan yang terburuk. Semoga bermanfaat! (VIKW)

Tags: 

Leave a Reply

%d bloggers like this: