Asuransi Jiwa Tradisional atau Syariah?

Berbagai macam asuransi hadir di tengah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masing-masing pribadi. Namun karena keberagaman jenis tersebut kadang membuat banyak orang kurang mengerti dengan fungsinya. Misalnya, di dalam asuransi jiwa sendiri terbagi menjadi 2 hal yang berbeda, yaitu asuransi jiwa tradisional dengan asuransi jiwa syariah.

Mungkin sebagian besar paham tentang asuransi jiwa tradisional, namun bagaimana dengan asuransi jiwa syariah?

asuransi jiwa

asuransi jiwa

Mari kita ulas apa itu asuransi syariah. Menurut ulasan dari Finansialku.com mengatakan bahwa asuransi jiwa syariah adalah usaha saling melindung diantara sejumlah orang, melalui investasi dalam bentuk asset atau tabarru’ melalui akad syariah. Bagaimana bentuk karakteristik dari si-asuransi jiwa syariah ini? Berikut adalah jawabannya.

  • Bentuk asuransi ini diawasi dengan ketat oleh Dewan Syariah (DSN). Bentuk transaksi atau claim semuanya melalui monitoring dari dewan tersebut.
  • Prinsip yang dipegang oleh asuransi syariah adalah tolong menolong. Asuransi ini membuat semua pemegang dari asuransinyauntuk berbagi resiko (risk sharing). Sedangkan untuk asuransi jiwa tradisional lebih kepada memindahkan resiko (risk transfer).
  • Asuransi jiwa tradisional memberikan keuntungan sepenuhnya kepada perusahaan asuransi, sedangkan asuransi syariah memberikan hasil keuntungan investasi ke seluruh nasabah, perusahaan asuransi hanya memperoleh pendapatan bagian berupa biaya pengelolaan.
  • Asuransi syariah tidak mengenal dana hangus, sedangkan asuransi jiwa tradisional premi akan hangus apabila tidak ada klaim yang dilakukan oleh pengguna asuransi.
  • Perusahaan asuransi jiwa syariah hanya bertugas untuk mengelolah uang yang diberikan oleh nasabah kepada perusahaan asuransi, segala bentuk dana yang diberikan oleh nasabah sepenuhnya adalah milik nasabah. Klaim asuransi syariah dibayarkan dengan menggunakan dana yang terdapat di dalam dana sosial.

Memiliki persamaan fungsi, namun berbeda sistem. Tentu sebagai calon pengguna dari asuransi jiwa kita harus lebih kenal lebih dalam tentang bagaimana peralihan atau sistem yang bekerja di dalam asuransi tersebut. Memilih dengan bijak dengan mengenalnya terlebih dahulu memberikan pencerahan kepada Anda untuk menimbang-timbang apa dan yang mana yang lebih dapat Anda andalkan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: