ASI dalam Lemari ES

Bersyukur kalau sekarang ini sudah ada teknologi yang dinamakan lemari es/ kulkas. Karena pasti para ibu yang memiliki anak bayi pasti akan sangat terbantu dengan adanya lemari es ini.

Lemari Es sangat berguna untuk menyimpan ASIP (Air Susu Ibu Perahan) karena dapat membuat ASIP bertahan lebih lama sehingga ibu dapat menyimpan ASI dalam lemari es  untuk persediaan. Menyimpan ASI pada lemari es/kulkas harus diperhatikan betul cara penyimpanannya agar tidak rusak dan tetap memberikan manfaat maksimal untuk buah hati. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan :

1. Tempat atau wadah untuk menyimpan asi yang dianjurkan adalah dalam botol Kaca atau botol plastik keras yang mempunyai

ASI perah

ASI perah

penutup yang rapat dan tidak bergambar, dan untuk volumenya (isi) 80-100 CC , yaitu untuk sekali minum saja. Memakai Botol kaca dikarenakan sisa ASI cenderung tidak menempel pada botol kaca.Untuk pemakaian botol plastik pastikan kualitas plastik yang digunakan, terutama yang BPA Free (bebas Bisphenol A)

2. Jangan mengisi botol sampai penuh, sebaiknya hanya sampai batas leher botol , karena ASI akan memuai

3. ASI yang dimasukkan kedalam Frezer lemari es harus didinginkan terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit di dalam lemari pendingin yang biasa digunakan untuk menyimpan buah, baru setelah itu dimasukkan kedalam Freezer.

4. Jangan lupa untuk menuliskan keterangan Jam, Hari dan tanggal saat di perah.

5. Masukkan ASI ke dalam Freezer hanya jika akan digunakan lebih dari 8 hari

6. Usahakan Bayi Anda tidak mendapatkan asi perah yang sudah dibekukan, karena asi yang  beku akan kehilangan sebagian anti infeksinya.

7. Saat akan digunakan, asi yang membeku dicairkan terlebih dahulu . Harus diingat bahwa  asi yang sudah dikeluarkan dari lemari es tidak boleh dimasukkan lagi kedalam lemari pendingin ( usahakan untuk sekali minum )

Ketahan Asi

1. Asi akan tahan selama 6-8 jam di udara biasa

2. 24 jam di dalam termos es ( Pintu Klukas )

3. 2 hari dalam lemari es ( Chiller )

4. 2 minggu di dalam Freezer.

5. 3 Bulan di Freezer lemari es 2 pintu.

 

ASI perahan hanya boleh menjalani satu kali pembekuan saja, satu kali pencairan, dan satu kali penghangatan. Sehingga, ASIP beku yang sudah mencair tidak boleh dibekukan lagi, ASIP yang sudah dihangatkan tidak boleh dihangatkan lagi. Maka harus diberikan sekaligus habis atau dibuang agar ASI yang diberikan tetap maksimal manfaatnya untuk kesehatan, salah satunya untuk meningkatkan kekebalan bayi terhadap berbagai penyakit. Baca juga Kenali Penyakit TBC atau Tuberkulosis.

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: