Asal Usul Nama Surabaya

Kota Surabaya merupakan salah satu kota yang ramai dikunjungi oleh wisatawan di saat hari libur tiba. Banyaknya tempat wisata serta hotel yang bisa dipilih oleh wisatawan sesuai keinginannya membuat kota ini semakin menarik untuk di jadikan tujuan wisata, salah satu hotel yang bisa di pilih yaitu Singgasana Hotel Surabaya.

Kota ini juga terkenal dengan sebutan kota pahlawan, berkaitan dengan peristiwa sejarah yang pernah terjadi di kota ini saat jaman penjajahan. Mungkin sudah banyak yang mengetahui mengapa kota ini disebut sebagai kota Pahlawan. Lalu bagaimana dengan asal usul nama kota ini sendiri? Banyak versi yang berkembang di masyarakat mengenai asal usul nama kota Surabaya, antara lain berikut ini sejarah surabaya :

  • Surabaya (Selamat dari Bahaya)

Cerita ini berkaitan dengan sejarah pada jaman kerajaan. Nama Surabaya yang artinya Selamat dari Bahaya di percaya berasal dari

sejarah surabaya

sejarah surabaya

kemenang pasukan majapahit saat melawan pasukan tartar (pasukan dari China). Pasukan tartar diserang oleh Raden Wijaya setelah merampas harta benda milik Jayakatwang di pelabuhan Ujung Galuh hingga pasukan tersebut akhirnya menyingkir kembali ke Tiongkok. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 31 Mei 1293 yang selanjutnya di abadikan menjadi hari jadi kota Surabaya hingga saat ini.

  • Sura = Hiu dan Baya = Buaya

Cerita ini termasuk mitos yang beredar di masyarakat. Menurut mitos ini, dulu sering terjadi perkelahian antara ikan Hiu (Sura) dan Buaya (Baya) namun tidak pernah ada yang menang maupun kalah. Tidak ada seekor hewanpun yang berani mendamaikan mereka, hingga pada suatu hari ikan hiu dan buaya merasa lelah karna terusĀ  berkelahi, mereka akhirnya berdamai dengan suatu perjanjian pembagian wilayah, yaitu semua mangsa yang berada di dalam air adalah milik Hiu dan yang berada di dalam darat adalah milik Buaya.

Sayangerdamaian mereka tidak berlangsung lama, karena hiu tidak hanya mencari mangsa di laut saja, tapi juga ke sungai karena merasa sungai adalah air yang juga merupakan daerahnya. Buaya yang merasa sungai adalah daerah kekuasaannya karena berada di darat tidak menerima hal ini, merekapun berkelahi hingga keduanya terluka sangat parah dan hiu pun akhirnya kembali ke laut. Untuk mengenang peristiwa ini, maka daerah tersebut di namakan Surabaya dan Ikan hiu serta Buaya dijadikan lambang kota ini hingga saat ini.

Namun banyak juga yang melambangkan Sura sebagai pasukan tartar yang datang dari laut, sedangkan Baya adalah pasukan majapahit yang menyerang dari darat.

Semoga bermanfaat

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: