Artis sinetron Indonesia Rambah Dunia Politik

Kursi jabatan pemerintahan, baik sebagai dewan perwakilan rakyat atau sebagai pemerintah daerah, saat ini tidak hanya direbutkan oleh mereka yang memang sudah berpengalaman di bidang politik, namun juga dari kalangan selebritis. Mulai dari penyanyi, pemain film, sampai artis sinetron Indonesia mulai melirik kursi panas dalam pemerintahan tersebut.

Pencalonan mereka sebagai pejabat pemerintahan ini tidak lepas dari kontrofersi. Mulai dari dituduh sebagai aji mumpung sampai hanya dimanfaatkan oleh partai untuk menggalang dukungan. Meski menuai kontrofersi, namun tetap tidak sedikit artis sinetron yang kembali mencalonkan diri menjadi anggota dewan dan pejabat pemerintahan negawra ini, apalagi tidak sedikit juga dari mereka yang akhirnya berhasil tembus menjadi anggota dewan bahkan menjadi Gubernur.

Berikut ini beberapa Artis sinetron Indonesia yang merambah dunia politik dan beralih profesi menjadi pejabat negara, di antaranya:

Dede Yusuf (Wakil Gubernur Jawa Barat – 2008/2013)

Artis yang lebih sering muncul di sinetron laga tahun 90-an menjabat sebagai Wakil Gubernur Barat masa jabatan 2008-2013. Sebelumnya, ia juga pernah menjadi anggota DPR dari PAN (2004-2009).

Karir politik Dede Yusuf dimulai sejak bergabung sebagai salah satu pengurus pusat Kosgoro pada tahun 1992, dilanjutkan sebagai Sekjen PARFI (Persatuan Artis Film Indonesia) dan akhirnya tembus ke DPR pada tahun 2004-2009.

Rano Karno (Wakil Gubernur Banten)

Artis yang dikenal sebagai Si Doel dalam sinetron “Si Doel Anak Sekolahan” ini pertama kali terjun ke dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2007, namun di akhir tahun ia mengejutkan publik dengan menyatakan dirinya telah ditetapkan sebagai Calon Wakil Bupati Tangerang. Akhirnya ia pun menjabat sebagai Wakil Bupati Tangerang untuk periode 2008-2013.

Saat ini Rano Karno tengah menjabat sebagai Petugas Pelaksana (Plt) Gubernur Banten menggantikan Ratu Atur Chosiyah, Gubernur Banten sebelumnya yang tersandung masalah korupsi.

Venna Melinda (Anggota DPR-RI)

Putri Indonesia 1994 yang pernah bermain di sinetron Bella Vista ini berhasil menduduki jabatan sebagai anggota DPR pada masa jabatan 2009-2014. Semenjak menjadi anggota Dewan, ia aktif melakukan kunjungan sosial ke berbagai daerah yang membutuhkan perhatian serta memperjuangkan pendidikan yang layak untuk anak-anak dari keluarga miskin.

Nurul Arifin (Anggota DPR-RI)

Anggota DPR pda tahun 2004-2009 dari fraksi Golkar ini tidak mau setengah-setengah dalam menjalani perannya di bidang politik hal inin terlihat dari usahanya untuk mengemban ilmu di bidang politik di Fisip UI hingga jenjang strata 2.

Rieke Dyah Pitaloka (Anggota DPR)

Artis sinetron Indonesia yang berperan sebagai Oneng pada sinetron Bajaj Bajuri ini menjadi anggota DPR-RI pada perode 2009-2014, ia menjasi salah satu anggota Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Badan Penyenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Primus Yustisio (Anggota DPR-RI)

Sebelum menjadi anggota DPR, Primus pernah ikut serta dalam pemilihan Bupati Subang, sebagai kandidat Bupati pada tahun 2008. Meski kalah namun ia tidak patah semangat dan mencalonkan diri menjadi anggota DPR pada tahun 2009 sebagai calon dari dari PAN. Ia pun behasil menduduki kursi di komisi VI DPR-RI untuk tahun jabatan 2009-2014.

Lepas dari kontrofersi, berdasarkan hasil pemilu 2014 ini, ternyata kepopuleran nama artis tidak lagi menjamin keberhasilan pencalonan. Melihat, banyaknya artis sinetron yang akhirnya kalah pada pencaloan tahun ini.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: