Apiknya Museum Sepuluh November Surabaya

Banyak yang mengatakan bahwa berkunjung ke museum merupakan salah satu kegiatan yang membosankan. Hal ini sebenarnya tidak benar, lho. Sebab di museum, Anda bisa menengok kembali sejarah bangsa Indonesia di masa lalu dan mendapatkan banyak informasi berharga. Berwisata ke museum juga bisa menjadi sarana edukasi untuk memperkenalkan anak kepada kejadian besejarah di masa lampau. Nah, salah satu museum yang menarik untuk dikunjungi ketika Anda hendak berlibur bersama keluarga adalah Museum Sepuluh November. Museum yang berada di Surabaya ini wajib masuk ke dalam daftar kunjung ketika Anda mampir ke Surabaya. Jangan lupa untuk mencari hotel di Surabaya yang dekat dengan lokasi museum ini, ya!

Museum Sepuluh November Surabaya berada di dalam kompleks Tugu Pahlawan, Surabaya. Terletak di Jalan Pahlawan, Surabaya, museum yang terdiri atas dua lantai ini tidak hanya menawarkan wisata sejarah saja tetapi juga memanjakan kedua mata Anda dengan arsitekturnya yang menawan. Sebab Museum Sepuluh November ini berada di kedalaman tujuh meter dari lahan Tugu Pahlawan. Oleh sebab itu, atap

Museum Sepuluh November

                   Museum Sepuluh November

dari museum ini seolah menyembul dari tanah dengan atap berundak yang berlapis-lapis. Eksterior bangunannya sangat menarik dan juga unik. Berhubung Museum Sepuluh November dan Tugu Pahlawan berada dalam satu wilayah, ketika berkunjung ke sini Anda bisa mendapatkan dua wisata dengan satu kali kunjung.

Konon, Museum Sepuluh November ini didirikan untuk mengapresiasi kemenangan arek-arek Suroboyo pada pertempuran heroik tanggal 10 November 1945. Museum ini pertama kali dibangun pada 10 November 1991 untuk melengkapi Monumen Tugu Nasional yang sudah berdiri lebih dulu pada tahun 1951. Kemudian setelah diresmikan pada tahun 2000 lalu, Museum Sepuluh November dan Monumen Tugu Nasional menjadi lokasi wisata yang selalu disambangi oleh masyarakat ketika berkunjung ke Surabaya. Museum ini dikelola oleh UPTD Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya.

Di dalam museum, Anda bisa mendengarkan suara rekaman asli dari pidato Bung Tomo dari sebuah radio kuno. Ada pula beberapa diorama, foto-foto dokumenter, benda peninggalan Bung Tomo dan masih banyak lagi jejak sejarah yang tertinggal dari aksi heroik pahlawan di masa lalu. Wisata yang sungguh menarik sekaligus mengedukasi, bukan? Selamat berkunjung!

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: