Apakah Anda Membutuhkan Asuransi Jiwa?

Menggunakan produk asuransi sudah seperti hal yang biasa di masyarakat. Apalagi, saat ini mnjadi pemegang polis asuransi bukanlah hal yang sulit, dan bahkan bisa dibilang sangatlah mudah. Misalnya saja, ketika Anda bekerja disebuah perusahaan, maka secara otomatis Anda pasti akan terdaftar menjadi pemegang polis asuransi kesehatan. Atau, ketika Anda menabung di bank, banyak Bank yang akan menawarkan Anda untuk mendaftar asuransi jiwa tanpa perlu melakukan pemeriksaan kesehatan atau menjalani beragam prosedur yang merepotkan. Cukup mengisi

memilih asuransi

memilih asuransi

formulir, menandatangani dokumen, dan Andapun secara resmi menjadi pemegang polis asuransi jiwa.

Tidak hanya itu saja, masih banyak sekali cara lain yang ditawarkan oleh agen perusahaan asuransi, untuk mempermudah calon pemegang polis agar mau mendaftar menjadi pemegang polis asuransi jiwa. Akibatnya, banyak dari masyarakat yang asal saja mendaftar tanpa mempedulikan satu hal penting ini, yaitu apa benar Anda membutuhkan asuransi jiwa? Jika Anda menanyakan pertanyaan ini pada agen asuransi, jelas mereka akan menjawabnya dengan jawaban “butuh”.

Namun, sebenarnya tidak semua orang membutuhkan asuransi ini dimasa sekarang loh. Mungkin, nanti mereka akan membutuhkannya, tetapi bukan sekarang. Lalu, siapa sajakah yang termasuk kriteria tersebut? Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Seseorang tanpa tanggungan

Jika saat ini Anda masih single (belum menikah dan belum berencana menikah), maka sebenarnya Anda masih belum membutuhkan asuransi ini. Akan tetapi, jika Anda belum menikah namun memiliki pihak lain yang bergantung pada Anda dari segi ekonomi, maka Anda tetap membutuhkan asuransi ini. Misalnya, orangtua Anda sudah tidak lagi bekerja dan Anda lah yang bertanggungjawab untuk membiayai orangtua Anda, maka asuransi jiwa ini penting untuk menjamin hidup orangtua saat Anda mengalami musibah. Namun, jika Anda sudah menikah dan bertindak sebagai kepala rumah tangga, maka ini adalah salah satu hal penting yang harus Anda persiapkan untuk masa depan keluarga, ketika terjadi suatu musibah menimpa Anda.

  • Seseorang tanpa hutang

Jika Anda tidak memiliki hutang pada sebuah lembaga keuangan, maka asuransi ini sebenarnya belum terlalu Anda butuhkan. Sebab, biasanya asuransi jiwa ini digunakan untuk melunasi sisa cicilan hutang yang belum terbayarkan ketika musibah terjadi. Inilah sebabnya, sebagian besar kredit pada lembaga keuangan akan dilengkapi denga asuransi jiwa di dalam paket kreditya. Sehingga, ketika sebuah musibah menimpa Anda, pihak yang memberi pinjaman pada Anda tetap tidak mengalami kerugian. (Vita)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: