Apa Saja Dokumen yang Bisa Dikirim dengan Mesin Fax?

Dalam sebuah perkantoran, perangkat elektronik tentunya menjadi sesuatu yang tidak terhindarkan dan pasti ada di sana. Perangkat elektronik ini berfungsi untuk membantu memudahkan kinerja karyawan agar lebih efisien dan juga membantu agar komunikasi dapat berjalan lancar. Sistem telepon PABX, jaringan internet cepat, laptop, printer, hingga mesin fax merupakan sesuatu yang seringnya ada di dalam ruang kerja.

Nah, bicara tentang mesin fax, memang apa sih kegunaan mesin yang satu ini? Dengan keberadaan scanner, bukankah lebih baik kita menggunakan scan saja alih-alih mesin fax? Nah, jangan salah, ternyata mesin fax masih banyak digunakan di dunia perkantoran. Alasannya, karena mesin fax ini bisa mengirimkan dokumen dengan lebih

mesin fax

mesin fax

singkat dan sesuai dengan aslinya. Apa saja dokumen yang bisa dikirim melalui fax? Ini dia daftarnya:

  1. Invoice ini merupakan sesuatu yang lumrah dalam dunia perkantoran. Invoice sendiri merupakan surat penagihan yang dikeluarkan oleh pihak penyedia jasa atau penjual kepada konsumen sesuai dengan kesepakatan penagihan yang tertulis di PO atau Purchase Order. Nah, dibanding mengirimkan invoice secara langsung yang pastinya akan memakan waktu lama, lebih baik mengirimkan invoice ini dengan menggunakan mesin fax, kan? Lebih hemat waktu!
  2. Dalam dunia perkantoran, surat menyurat ini juga merupakan hal yang wajar. Kita perlu menandatangani dokumen, mengecek dokumen dari klien, dan lain sebagainya. Sayangnya, jarak antara satu kantor dengar kantor lainnya membuat kita sulit untuk berkomunikasi ketika kita membutuhkan surat tersebut. Nah, atas dasar inilah mesin fax sangat dibutuhkan. Kita bisa mengirim langsung dokumen yang sudah ditandatangani atau mengirim bagian revisinya secara real time. Mesin fax juga bisa digunakan untuk mengirim dokumen antara kantor pusat dengan kantor cabang, yang berbeda pulau dan berjauhan jaraknya. Sangat praktis, kan?
  3. Draf rancangan bangunan. Selain invoice dan surat penting, gambar rancangan bangunan juga bisa lho dikirimkan lewat fax. Hal ini biasa diterapkan pada kantor-kantor yang bergerak di bidang arsitektur dan juga interior. Arsitek akan mengirimkan draf rancangan bangunan pada klien dan klien bisa memberikan feedback pada rancangan tersebut.

Nah, meski teknologi sudah maju seperti sekarang, mesin fax ternyata tetap tidak ditinggalkan oleh penggunanya. Masih banyak perkantoran yang menggunakan mesin fax ini untuk membantu aktivitas sehari-hari. Kalau kantormu bagaimana?

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: