Apa Itu Foto Kanvas?

Foto kanvas  murah dapat menjadi solusi Anda yang menginginkan sesuatu yang beda dalam mencetak foto. Foto kanvas akhir-akhir ini juga seperti menjadi primadona karena menawarkan sesuatu yang beda dari cetak foto sebelumnya.  Mari kita mengenal lebih dekat mengenai cetak foto kanvas.

Foto kanvas adalah foto yang dicetak dengan media berbahan kain/canvas. Membuat foto kanvas ada memiliki 2 cara, yaitu cetak foto dengan teknik printing dan teknik manual

Teknik Printing

Teknik ini sebetulnya adalah teknik mencetak foto diatas bidang kanvas dengan menggunakan printer khusus yang kini banyak

Foto Kanvas

Foto Kanvas

tersedia. Selain dapat mencetak foto diatas kanvas, bahkan ada beberapa printer yang dapat mencetak diatas material seperti kayu, keramik, plastik, dan sebagainya. Namun kelemahan dengan menggunakan printer ini adalah foto kanvas tidak akan bertahan lama dan akan cepat luntur jika  tidak dilapisi perekat khusus.

Teknik Manual

Teknik  manual ini melalui beberapa proses mulai dari proses pemisahan pencetakan foto, pemindahan foto ke atas canfas dan proses vacum yaitu memanaskan foto canfas agar dapat menempel dengan kuat.  Teknik pembuatan foto canvas  secara manual memerlukan ketelitian karena jika gagal sekali, ini tidak dapat diulang lagi. . Selain itu peralatan yang digunakan pun lumayan mahal, karena penganvasan yang baik memerlukan mesin vacum agar media foto tersebut dapat menempel sempurna ke atas bidang kanvas. Foto kanvas dengan teknik manual biasanya lebih tahan lama dibandingkan dengan canvas teknik printing.

Foto kanvas dengan teknik manual lebih mahal daripada dengan teknik printing , karena tingkat kesulitannya dan perlunya SDM yang berpengalaman dibidang foto kanvas ini.

– kelebihan dari bahan ini adalah tekstur nya yang memberikan kesan artistik

– Daya tahan foto yang lebih baik foto akan di regangkan dengan spangram yang kemudian akan dimasukkan ke dalam bingkai, dengan proses ini foto yang ditampilkan akan memberikan warna yang lebih akurat karena tidak ada media penghambat seperti menggunakan kaca atau pantulan kaca.

– Photo kanvas akan lebih awet karena bebas jamur yang sering ditemui pada foto bingkai dengan menggunakan kaca yang mengakibatkan foto menempel di kaca.

kanvas biasanya digunakan untuk melukis , baik melukis dengan teknik kering ataupun teknik basah, kedua teknik melukis ini bisa dengan mudah diimplementasikan ke atas bidang canvas dan hasilnya bisa tahan hingga ratusan tahun, tergantung kualitas kanvas itu sendiri.

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: