Alat Berat Penghancur Stone Crusher

Industri alat berat di Indonesia merupakan industri yang terus berkembang. Lihat saja dengan banyaknya perusahaan yang jual alat berat di Indonesia yang menawarkan beragam jenis alat berat. Salah satu jenis alat berat yang dijual adalah stone crusher atau penghancur batu.

Stone crusher merupakan salah satu jenis alat berat yang berfungsi untuk menghancurkan batu ke ukuran tertentu. Alat ini memiliki kemampuan untuk menghancurkan material batu ringan hingga keras,. Daya tampungnya yang besar pun menjadikannya efektif dalam memroses material dalam jumlah banyak sekaligus. Tidak heran, alat berat ini pun banyak digunakan di berbagai sektor, mulai dari pertambangan, hingga konstruksi.

Di sektor pertambangan alat ini digunakan untuk memecah material tambang seperti batu bara, batu kapur, batu granit dan jenisnya menjadi ukuran yang lebih kecil. Sedangkan pada sektor konstruksi, Stone crusher dimanfaatkan untuk menghancurkan batuan  yang nantinya akan digunakan untuk material bahan bangunan.

Proses penghancuran material oleh Stone Crusher

Proses penghancuran dimulai dengan menaruh material yang ingin dihancurkan pada satu wadah atau bak penampungan awal. Setelah itu material ini akan meluncur ke mesin pemroses atau mesin penghancur (crusher machine). Pada bagian ini, material akan dihancurkan kemudian dialirkan langsung ke luar mesin atau disimpan dalam bak penampungan.

Proses penghancuran material pada Stone crusher ini bisa dilakukan secara bertahap hingga mendapatkan hasil dengan ukuran yang sesuai. Tahapan penghancuran ini pun bisa dilakukan lebih dari dua kali, misalnya saja, pada tahap awal, batuan besar dihancurkan dengan menggunakan mesin penghancur utama atau primary stone crusher. Setelah itu, hasil dari penghancuran ini akan langsung menuju ke mesin penghancur kedua (secondary stone crusher). Bila ukuran yang dihasilkan masih belum sesuai dengan yang diharapkan, maka hasil penghancuran kedua tadi pun dialirkan kembali ke mesin penghancur ketiga, baru kemudian di tampung pada bak penampungan akhir. (raw)

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: