Alasan Mengapa Working Mom Wajib Beri ASI untuk Bayinya

Kesibukan dalam bekerja membuat sebagian besar working mom lebih memilih memberikan susu formula kepada bayinya dibanding memberikan ASI. Padahal, susu formula tidak bisa dijadikan jalan keluar sebagai pemberi nutrisi untuk bayi, lho. ASI merupakan sumber nutrisi utama tertinggi untuk bayi, jadi si kecil wajib mendapatnya. Bahkan, meskipun ASI Ibu tidak keluar banyak, sekarang ini ada banyak susu ibu menyusui yang bisa membantu memperlancar ASI. Ini alasan mengapa working mom wajib memberikan ASI kepada si kecil:

  1. Membantu membakar kalori. Tahukah Ibu bahwa tubuh kita akan membakar hampir 20 kalori untuk membuat 1 ons ASI saja? Jadi, bayangkan saja jika Ibu memberikan ASI kepada si kecil setidaknya 30 ons sehari. Maka
    ibu menyusui

    ibu menyusui

    kalori yang terbakar bisa 600 kalori.

  2. Mengurangi risiko terkena penyakit. Menurut penelitian, menyusui juga membantu Ibu untuk mengurangi risiko terkena penyakit mematikan yang kerap mengintai para perempuan. Misalnya saja kanker payudara, kanker ovarium, jantung, diabetes, dan juga osteoporosis.
  3. Membantu mengurangi depresi post-partum. Setelah melahirkan, Ibu seringkali terkena depresi post-portum. Nah, Ibu yang tidak menyusui bayinya setelah melahirkan lebih besar terkena risiko depresi ini dibandingkan mereka yang secara aktif menyusui bayinya. Menyusui bisa membuat Ibu lebih dekat dengan bayi yang membantu meningkatkan bonding antara Ibu dan bayi.
  4. Mengembalikan ukuran rahim. Tidak banyak yang tahu bahwa menyusui bisa membantu Ibu mengecilkan rahim ke ukuran semula sebelum fase kehamilan. Sebab ketika menyusui, tubuh Ibu akan mengeluarkan hormon oksitosin dalam dosis besar. Hormon oksitosin sendiri berfungsi untuk mengirimkan perasaan relaksasi dan euforia ke otak.
  5. Melindungi bayi dari berbagai penyakit. Nah, ini dia alasan paling penting mengapa Ibu harus menyusui bayinya. ASI mengandung semua kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sehingga wajib untuk dikonsumsi. ASI juga mampu melindungi bayi dari berbagai penyakit yang bisa menyerangnya. Menurut American Academy of Pediatrics, bayi yang diberi ASI memiliki kemungkinan 95% terhindar dari infeksi dibanding bayi tanpa ASI.

Working mom bukan alasan untuk tidak memberikan ASI eklusif untuk buah hati. Sama saja seperti saat Ibu menjaga kehamilan pada trimester pertama, memberikan ASI eksklusif juga akan memberikan perlindungan terbaik untuk buah hati yang masih rentan terhadap penyakit.

Nah, sudah tahu kan betapa pentingnya ASI untuk Ibu dan bayi? Jadi, mulai sekarang, sesibuk apa pun Ibu ketika bekerja, selalu sediakan waktu untuk menyusui si kecil, ya!

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: