Alasan Mengapa Perusahaan Anda Harus Menggunakan Hyperconverged

Hyperconverged atau yang sering disingkat sebagai HC, merupakan suatu IT framework yang menggabungkan storage, computing, dan networking ke dalam suatu sistem dengan tujuan untuk mengurangi kompleksitas data center dan meningkatkan scalability. Perusahaan yang belum terlalu memahaminya, banyak yang menganggap teknologi ini tidak penting untuk digunakan. Padahal, ini adalah salah satu kesalahan yang dapat menghambat kemajuan bisnis.

Sementara, bagi yang paham dunia IT, HC menjadi tren yang cukup banyak digunakan di dunia IT, semata karena kemudahan dan efektivitas yang ditawarkannya. Ini dia alasan mengapa perusahaan Anda harus menggunakan hyperconverged dibanding traditional IT:

  1. Berbasis software. Sistem hyperconverged merupakan software-defined data center atau SDDC sehingga mampu memberikan fleksibilitas yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Hyperconverged ini juga akan memudahkan Anda di masa
    hyperconvert

    hyperconvert

    depan jika sewaktu-waktu ingin mengubah sistemnya karena bisa dilakukan tanpa harus merombak atau mengganti komponen infrastruktur. Yang menarik, jika ada fitur baru dalam software, pengguna tidak perlu mengganti hardware-nya dan bisa langsung meng-update

  2. Sistem dan manajemen terpusat. Berbeda dengan sistem traditional IT, sistem hyperconverged lebih terpusat, baik itu komputasi, penyimpanan, backup ke disk, hingga cloud yang tergabung dalam satu wadah. Tidak hanya itu, manajemennya juga saling terhubung satu sama lain sehingga TI bisa mengelolanya sekaligus.
  3. Hemat biaya. Masih berhubungan dengan hal di atas, hyperconverged pun membutuhkan biaya yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan sistem terintegrasi dan infrastruktur legacy.
  4. Otomatisasi mudah. Mengingat hyperconverged adalah SDDC, maka proses otomatisasinya pun tergolong mudah karena semua sumber dayanya tergabung dan alat manajemennya pun terpusat dalam satu titik.
  5. Menggunakan mesin virtual (VM). Virtualisasi merupakan dasar dari SDDC yang menggunakan mesin virtual sebagai konstruksi paling dasarnya. Jadi, semua kebijakan, pilihan manajemen yang tersedia dalam sistem, perlindungan data, dan lain sebagainya terintegrasi pada mesin virtual.
  6. Lebih aman. Data merupakan masalah yang penting dalam suatu hal. Namun demikian, untuk melindungi semua data diperlukan perlindungan yang komprehensif dan itu membutuhkan dana yang tidak sedikit serta sangat kompleks. Nah, dalam sistem hyperconverged, perlindungan data entah itu berupa backup, recovery, dan juga pemulihan bencana dibangun secara terintegrasi sebagai bagian dari infrastruktur.

Itu dia keuntungan dari menggunakan hyperconverged. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak pemilik perusahaan yang memilih beralih untuk menggunakan sistem ini karena lebih efisien dan hemat biaya. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Leave a Reply

%d bloggers like this: