Alasan Mengapa Penulis Perlu Berkenalan Dengan Cloud

Seorang penulis tidak akan lepas dari pena, buku catatan, dan juga laptopnya. Ketiga benda tersebut tampaknya sudah menjadi amunisi perang bagi seorang penulis untuk menuangkan isi kepalanya dan imajinasinya. Namun demikian, sekarang ini tampaknya amunisi penulis harus ditambah dengan satu hal lagi yaitu cloud storage. Penyimpanan data secara daring ini akan memudahkan penulis untuk menyimpan datanya dengan risiko yang minim. Apalagi, dengan banyaknya layanan cloud service Indonesia, kini kamu bisa bebas memilih layanan apa yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Yuk, simak apa saja alasan mengapa penulis harus berkenalan dengan cloud!penulis

  1. Kamu tidak akan mengalami kejadian menyesakkan seperti kehilangan manuskrip yang sudah setengah ditulis karena laptopmu tiba-tiba mati total atau dokumenmu corrupt dan tidak bisa dibuka. Kamu juga tidak perlu bingung untuk mencari di dalam folder apa kamu menyimpan dokumen pentingmu. Semua manuskrip, draft novel, dan jurnal-jurnal yang kamu tulis tersimpan dengan rapi di dalam cloud storage. Menyimpan dokumen di layanan komputasi awan merupakan cara paling safety agar dokumen-dokumen kita tidak tercecer, hilang, ataupun terkena virus.
  2. Kamu pun tidak perlu repot-repot untuk menganalisis mana dokumen yang sudah diedit dan mana yang belum. Cloud storage memungkinkan kamu untuk menyortir mana dokumen paling baru dan juga melakukan sync setiap kali kamu terkoneksi dengan internet. Kamu juga bisa membedakan mana data yang sudah direvisi atau belum dengan memisahkan dokumenmu dalam folder terpisah.
  3. Kamu bisa menulis dan merevisi dokumen milikmu kapan saja dan di mana saja. Banyak cloud storage yang menyajikan layanan aksesibilitas mudah yang memungkinkan kamu untuk membuka data tidak hanya di laptop, tetapi juga di tablet atau di ponsel. Syaratnya hanya satu: kamu harus terkoneksi dengan internet agar datamu bisa langsung tersimpan di cloud storage. Sekarang, tidak perlu takut kehilangan ide lagi deh! Kapan pun kamu mempunyai inspirasi untuk tulisan, kamu bisa langsung menuliskannya tanpa ragu.
  4. Kalau kamu memiliki partner menulis, kamu bisa menulis secara bersamaan dengan layanan cloud storage Pasalnya, dengan menggunakan layanan komputasi awan siapa pun yang memiliki akses bisa mengakses dan mengedit dokumen yang ada di dalamnya. Fitur ini bisa juga kamu manfaatkan untuk berdiskusi dengan editor, mana bagian yang harus direvisi dan mana yang tidak secara langsung tanpa harus bertatap muka.

Namun, meskipun berbagai fitur dan fasilitas yang tersedia sangat bermanfaat untuk kamu, tetap saja ada kelebihan dan kekurangan teknologi cloud yang memungkinkan kamu kesulitan mengakses dokumen. Karena itulah, sebaiknya  tetap simpan dokumenmu di lokasi lain sebagai backup jika terjadi masalah pada cloud ini. (Tr)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: