Agar Jantung Sehat, Konsumsi Makanan Ini!

Mau jantung sehat? Konsumsilah makanan sehat! Pernyataan ini tentu sering Anda dengar jika ingin mendapatkan jantung yang sehat, bukan? Memang, dengan rutin mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat ini, maka dapat membuat kesehatan jantung pun terjaga. Hal ini dikarenakan makanan sehat tersebut mengandung sejumlah nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh misalnya seperti protein, vitamin, serat, mineral, dan lainnya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan sehat ini, atau jika diperlukan buatlah sendiri di rumah dengan cara melihat langsung resep makanan sehat di internet.

Lantas, makanan sehat apa sajakah yang baik dikonsumi untuk menyehatkan jantung? Simak langsung daftarnya

jantung sehat

jantung sehat

disini, rangkuman melalui situs alodokter;

  1. Kacang-kacangan. Mengonsumsi kacang-kacangan sekitar tiga cangkir dalam satu minggu, bagus loh untuk kesehatan jantung. Ini disebabkan karena kacang mengandung senyawa fitonutrien yang mampu menjaga jantung agar tetap sehat. Tidak hanya itu, kacang pun kaya akan kandungan antioksidan, dimana senyawa ini dapat membantu mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada bagian sel. Dan rajin konsumsi kacang ini, dapat membantu tubuh untuk tidak mengonsumsi makanan dalam jumlah besar karena kacang mengandung serat yang sangat tinggi.
  2. Apel. Siapa yang bisa menduga, apel pun bisa menurunkan risiko tubuh diserang penyakit jantung serta membantu menyehatkan jantung. Ini disebabkan apel menyimpan kandungan fitonutrien cukup tinggi. Selain itu, senyawa lain yang terdapat di dalam apel seperti pektin dan quertin pun dapat menurunkan kadar gula darah di tubuh, menghindari peradangan, dan asma.
  3. Biji-bijian. Dengan rutin konsumsi biji-bijian seperti gandum, beras merah, jagung, dan sebagainya dapat mencegah risiko munculnya penyakit jantung di tubuh, ini karena biji-bijian kaya akan kandungan karbohidrat. Di samping itu, biji-bijian pun juga mengandung senyawa antioksidan, serat, protein, dan mineral yang dipercaya mampu mencegah tubuh diserang sakit jantung, kanker, obesitas, dan beberapa jenis masalah kesehatan lainnya.
  4. Kubis. Sebagian dari Anda mungkin pernah mengira jika kubis tidak bagus untuk kesehatan tubuh, namun faktanya sendiri kubis pun bisa menyehatkan jantung. Ini bukan tanpa alasan, karena kubis sendiri menyimpan kandungan nutrisi berupa potassium, vitamin C, zat besi, dan vitamin K yang memang berperan penting untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

Selain bisa mengatasi masalah kolesterol, beberapa makanan di atas pun bisa menjadi alternatif makanan untuk menetralkan tubuh setelah jajan sembarangan, misalnya saja kacang kenari. Nah, Semoga bermanfaat! –SH–

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: