9 Alasan Mengapa Anda Butuh Asuransi Jiwa

Belum banyak orang yang mengerti akan pentingnya asuransi jiwa dan masih menganggap asuransi bukanlah suatu kebutuhan utama dalam hidup. Padahal, di jaman yang serba tidak pasti ini, asuransi jiwa bisa justru bisa memberikan kepastian bagi masa depan Anda atau pun mereka yang kita tinggalkan.

Berikut ini 9 alasan utama mengapa Anda membutuhkan asuransi jiwa, yakni:

Kita tidak pernah tahu masa depan

Kematian yang tiba-tiba, baik karena kecelakaan, karena penyakit yang tidak diduga, atau hal lainnya, bisa terjadi kapan saja. Asuransi jiwa bisa membantu keluarga yang ditinggalkan untuk memenuhi kebutuhan mulai dari biaya pemakaman, tagihan listrik, hingga biaya sekolah anak, setelah Anda pergi. Tentunya tidak akan ada yang bisa mengganti Anda di hati mereka, namun mempersiapkannya dengan memiliki asuransi dapat membuat segalanya lebih mudah bagi mereka yang Anda tinggalkan.

Mahalnya Biaya Pemakaman

Di Jakarta, biaya pemakaman bisa mencapai Rp1, 5 juta keatas. Ini belum lagi biaya untuk diadakan pengajian atau ritual adat kematian lainnya yang bisa saja mencapai ratusan juta seperti pada pemakanan di Minangkabau. Dengan adanya asuransi, biaya ini pun bisa dipenuhi tanpa perlu menambah stress atau kesulitan secara finansial.

Melindungi mereka yang ditinggalkan

Dalam hidup, Anda berjuang bekerja keras tentunya agarĀ  keluarga dan mereka yang Anda cintai, bisa terpenuhi dan terurus semua kebutuhannya. Setelah Anda tiada, bagaimana dengan kehidupan mereka? Tentunya Anda ingin tetap memastikan bahwa mereka akan tetap terpenuhi kebutuhannya serta terlindungin meski tanpa Anda.

Menghindari hutang setelah kematian

Pertanggungan dari asuransi dapat membantu keluarga Anda melunasi semua hutang atau kewajiban yang Anda tinggalkan. Hutang yang ditinggalkan bisa menjadi beban yang sangat berat, apalagi ditambah dengan luka emosional karena tidak lagi ada Anda di dunia.

Apapun bisa terjadi

Bila Anda memiliki penyakit berat, kemungkinan besar Anda tidak akan bisa mendapatkan asuransi jiwa dengan besaran yang sesuai keinginan Anda. Namun, dengan penyakit yang mematikan, asuransi jiwa dapat membantu kebutuhan finansial. Asuransi juga dapat digunakan untuk keperluan darurat dengan meminta pencairan atau kredit.

Melindungi bisnis

Asuransi jiwa tidak hanya melindungi individu, namun juga dapat melindungi bisnis dari kerugan secara finansial dan menjaga stabilitasnya akibat kematian pemilik atau partner bisnis. Asuransi dapat membantu dengan memberikan aliran dana atau menjaga bisnis tetap beroperasi hingga segalanya menjadi stabil.

Pendapatan tambahan pada masa pensiun

Anda bisa menggunakan asuransi jiwa untuk memastikan tabungan masa pensiun Anda dapat bertahan lebih lama.

Menyumbang lebih besar

Klaim dari asuransi jiwa memungkinkan Anda untuk dapat memberikan kado terakhir dengan cara menyumbang dalam jumlah yang lebih besar dari sumbangan rutin Anda biasanya.

Memberikan ketenangan dan kedamaian pikiran

Memang, seberapa besarnya uang dari asuransi tidak akan pernah menggantikan seseorang. Namun, setidaknya asuransi dapat memberikan perlindungan dan kepastian dalam hidup.

Jadi, masih beranggapan bahwa asuransi jiwa bukan hal penting dalam hidup Anda?