8 Cara Mengatasi Sulit Tidur

Salah satu cara menurunkan berat badan dengan cara termudah adalah dengan tidur yang cukup. Menurut David Rappoport MD, professor dan direktur divisi Sleep Medicine di New York University of Medicine, tidur sangat mempengaruhi hormon dalam tubuh dan membuat nafsu makan jadi berkurang. penelitian ini pun telah dilakukan oleh University of Chicago, jadi sulit tidur yang dialami dapat memyebabkan obesitas.
Melihat fakta bahwa tidur yang cukup merupakan salah satu cara menurunkan berat badan pastinya cara ini patut Anda coba. Tapi sayangnya, beberapa dari Anda pasti mengalami sulit tidur dengan nyenyak.

Berikut tips mengatasi sulit tidur yang Anda alami :

1. Buat Tubuh Menjadi Rileks Sebelum Tidur
Lakukan beberapa ritual yang dapat membuat Anda melupakan semua aktivitas seharian penuh dan membuat badan dan pikiran menjadi lebih rileks, misalnya meditasi, yoga, mendengarkan musik dan sebagainya. Atau bila Anda suka dengan suara air, bisa juga

sulit tidur

sulit tidur

membeli hiasan air terjun mini yang memercikkan suara air.
2. Cobalah sesekali mandi air panas, shower atau sauna selama sekitar 30 sampai 60 menit sebelum Anda tidur. Mandi air hangat sesekali dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks.
3. Bila terbiasa bangun di temgah malam karena ingin membuang air kecil, maka usahakan jangan minum dalam waktu 2 jam sebelum tidur karena ini akan menganggu kualitas tidur Anda.
4. Hindari kafein, minuman beralkohol dan zat perangsang lainnya karena dapat memiliki efek stimulasi yang tahan lama pada sistem saraf.
5. Hal ini terlihat sepele tapi ternyata sangat berpengaruh, yaitu penggunaan jam beker atau alarm keras untuk membangunkan Anda. Suara keras akan membuat badan menjadi sangat stres karena terbangun secara tiba-tiba. Idealnya, Anda harus tidur sampai tubuh Anda secara alami terbangun. Jika Anda memerlukan alarm, gunakan simulator cahaya matahari, yang memancarkan cahaya secara bertahap sampai intensitas penuh selama 45 menit, sama seperti matahari pagi. Terbangun secara perlahan secara alami tidak akan memicu adrenalin anda
6. Biasakan tidur dalam keadan gelap. Karena saat cahaya mengenai mata, ini akan mengganggu irama sirkadian dari kelenjar pineal dan produksi melatonin dan serotonin, hal ini tentu saja dapat mengganggu kualitas tidur anda. Anda dapat mematikan lampu kamar, atau menggunakan lampu redup, atau tidur dengan penutup mata.
7. Matikan TV, atau sangat dianjurkan jangan menempatkan TV di kamar tidur. Apa yang ditayangkan TV merangsang ke otak, yang mengganggu kelenjar pineal, sehingga dapat menyebabkan sulit untuk tidur atau tidur dengan kualitas baik.
8. Jauhkan gadget dari jangkauan tangan Anda, karena saat ini hampir 24 jam gadget ditangan Anda. Tanpa Anda sadari ritual dengan gadget sebelum tidur dapat memakan waktu tidur Anda.

Hal –hal ini terlihat sepele tapi terkadang kita lupakan dan menyebabkan sulit tidur.

Tidur sehat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh dan tentunya bonus lainnya adalah ini merupaka cara untuk menurunkan berat badan. (Mew)

 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: