6 Manfaat Oli Mesin untuk Sepeda Motor

Oli mesin berfungsi sebagai alat pelumas sekaligus pendingin yang sangat bermanfaat sekali untuk sepeda motor. Tanpa adanya oli mesin pada sepeda motor, tidak menutup kemungkinan sepeda motor yang kita miliki akan mengalami kerusakan parah dan tidak bisa digunakan lagi. Dengan di dukung oleh penggunaan oli terbaik untuk motor, maka oli mesin yang digunakan pada sepeda motor akan memberikan manfaat lebih kepada sepeda motor kita. Selain itu, digunakannya oli mesin pada sepeda motor tidak akan membuat mesin motor mengalami aus bahkan mati total.

Berikut beberapa manfaat yang diberikan oleh oli mesin yang digunakan untuk sepeda motor:

  1. Mengurangi Gesekan Pada Mesin Sepeda Motor. Biasanya cara kerja mesin yang terdapat pada sepeda motor saling
    oli motor

    oli motor

    bergesekan antar komponen mesin lainnya. Apabila mesin yang saling bergesekan ini tidak diberi oli mesin, maka mesin yang saling bergesekan pun akan mengalami keausan dan mengurangi tenaga kerja sepeda motor. Dengan adanya penggunaan oli mesin untuk sepeda motor, tentunya keausan dan gesekan yang terjadi pada sepeda motor akan berkurang.

  1. Sebagai Pendingin. Penggunaan oli mesin untuk sepeda motor bermanfaat sebagai pendingin dari panas yang ditimbulkan oleh adanya pembakaran disilinder pada sepeda motor. Dan juga, digunakannya oli mesin pada motor akan mendinginkan mesin yang salin bergesekan pada sepeda motor.
  2. Sebagai Perapat atau Sealing Effect. Selain bermanfaat sebagai pendingin, oli mesin yang digunakan untuk sepeda motor juga bermanfaat sebagai perapat antara celah piston dan silinder. Selain itu, adanya penggunaan oli juga mampu mengurangi kebocoran pada kompresi antara silinder dan celah piston.
  3. Sebagai Alat Peredam. Oli mesin yang digunakan pada sepeda motor, juga bermanfaat sebagai alat peredam getaran dan benturan yang disebabkan oleh adanya gesekan mesin yang terjadi pada sepeda motor. Dengan adanya peredam ini, maka suara oli mesin yang akan dikeluarkan lebih halus dan tidak kasar.
  4. Sebagai Pembersih. Dan juga, oli mesin yang dipakai pada sepeda motor bermanfaat untuk membersihkan kotoran yang terdapat pada mesin motor. Kotoran ini pun dikeluarkan bersamaan dengan gesekan yang sedang terjadi pada sepeda motor.
  5. Menghilangkan Karatan Pada Sepeda Motor. Ternyata oli mesin yang dipakai untuk sepeda motor tidak hanya mampu mengurangi gesekan pada mesin sepeda motor, tapi juga mampu menghilangkan karatan yang terdapat pada mesin sepeda motor. Karatan merupakan salah satu penyebab motor sering mati mendadak. Apabila mesin sepeda motor sudah terhindar dari karatan yang membandel, maka mesin pun tidak akan mengalami masalah bahkan rusak.

Semoga dengan banyaknya manfaat yang diberikan oleh oli mesin pada sepeda motor, maka sebaiknya kita janganlah lupa selalu mengganti oli mesin untuk sepeda motor. –SH–

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: