6 Cara Merawat Rambut Remaja

Pada usia remaja atau saat melewati masa puber, biasanya tubuh akan mengalami perubahan. Tidak sekedar tubuh, rambut pun ikut berubah pada masa puber ini. Rambut kita bisa sangat sensitif dan mengalami kerusakan bila tidak dirawat dengan benar. Karenanya perlu ada perawatan rambut sehat untuk menjaga kondisinya. Menjaga kesehatan rambut pada usia remaja sebenarnya tidak harus mahal dan sulit loh.

Berikut ini 6 cara perawatan rambut sehat untuk remaja yang sederhana tanpa repot dan bisa diikuti dengan mudah, di antaranya:

Terimalah keadaan rambut kita apa adanya, entah itu lurus, keriting , atau bergelombang. Tidak perlu merasa iri dan menginginkan rambut kita seperti orang lain. Semakin kita berjuang melawa “alam” semakin rambut kita akan menderita dan rusak.

Lakukan check up secara berkala pada rambut. Baik pria maupun wanita harus melakukan trimming atau memotong ujung rambutnya secara berkala, setidaknya setiap dua bulan sekali hingga 6 minggu sekali. Ketika kita melewati masa puber, rambut juga bisa mengalami perubahan yang drastis. Seorang stylist bisa memberikan saran mengenai cara merawat rambur yang benar dengan cara memberikan saran mengenai produk yang harus digunakan atau dengan mengganti gaya rambut kita.

Jangan selalu percaya iklan. Jangan mudah percaya dengan segala macam manfaat yang bisa diberikan oleh satu produk rambut. Terutama satu produk yang mengatakan kita membutuhkan satu rangakian tertentu untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Sebaiknya gunakanlah produk yang memang dibutuhkan oleh rambut kita. Karena bisa saja rambut kita hanya membutuhkan perawatan sebatas sampo dan kondisioner dan mungkin creambath setiap minggunya untuk rambut kering dan tebal atau untuk rambut yang rusak dan mudah kusut.

Hati-hati memilih sisir. Meskipun menyisir rambut bisa membuat rambut terlihat bersinar, namun terlalu sering menyisir rambut bisa membuat rambut kita rusak dan bercabang. Tapi tentu saja, tidak pernah menyisir rambutpun bisa menyebabkan rambut kusut. Jadi sisirlah rambut sesuai kebutuhan dan jangan terlalu berlebihan.

Serahkan urusan mewarnai rambut pada yang sudah ahli. Meskipun saat ini sudah banyak cat rambut yang bisa digunakan sendiri di rumah dengan mudah dan murah, namun hasilnya tidak selalu baik. Selalu berkonsultasilah dengan stylist yang sudah dipercaya sebelum memutuskan untuk mengganti warna rambut.  Salain itu berhati-hatilah bila kita memiliki alergi terhadap kimia di cat perwarna rambut. Beberapa kasus alergi ini berakibat fatal hingga kematian.

Berhati-hati saat mengepang rambut. Meskipun lucu, menarik rambut dengan sangat kencang saat mengepang rambut bisa merusak rambut kita.

Semoga 6 tips rambut sehat untuk rambut remaja tadi bisa membantu perawatan rambutmu, ya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: