6 Alasan Untuk Menjaga Kebersihan Dapur

Kebersihan didalam rumah harus selalu dijaga karena selain untuk kesehatan tetapi juga untuk estetika maupun keamanan dalam rumah. Kebersihan rumah termasuk kebersihan dapur harus diperhatikan, baik dapur minimalis mapun jenis dapur lainnya yang Anda miliki di rumah.

Dapur menjadi bagian dalam rumah yang rentan terhadap kotoran dari sampah memasak, beda dengan dapur minimalis yang mungkin lebih bersih. Namun apapun jenis dapur Anda, kebersihan dapur harus dijaga. Mari kita lihat mengapa kebersihan dapur harus di jaga

1. Lebih aman

Keamanan di dalam dapur adalah hal yang penting karena area ini yang paling mudah kotor. Kebersihan dapur dapat meminimalisir

kebersihan dapur

kebersihan dapur (source : www.trade-guys.co.nz)

bahaya, misalnya percikan air di lantai setelah mencuci piring bisa membuat seseorang terjatuh, sisa minyak di kompor maupun lantai bisa terbakar dan mencelakai orang lain.

2. Hemat energy

Anda dapat menghemat energy dengan rajin membersihkan dapur Anda. Misalnya membersihkan  koil kondensor di belakang kulkas Anda. Koil kondensor kulkas yang kotor membuat  kompresor kulkas kan bekerja lebih keras sehingga bisa bertambah panas. Hal ini akan mengakibatkan pengurasan energi yang tidak  diperlukan. Itu adalah salah satu contoh bagaimana kotoran bisa sebabkan penggunaan energi yang tak perlu.

3. Hemat tenaga Anda

Selalu membersihkan dapur setelah pemakaian akan selalu membuat dapur Anda dalam keadaan yang bersih dan tenaga yang dikeluarkanpun hanya sedikit beda jika Anda menumpuk kotoran dengan malas membersihkan dapur Anda. Kotoran memasak akan menumpuk hingga membandel saat dibersihkan, hal ini akan menguras waktu dan tenaga Anda.

4. Mengurangi penggunaan zat kimia buatan

Zat kimia buatan memang sangat bermanfaat untuk membersihkan dapur Anda secara instan, namun zat-zat ini bisa meninggalkan residu yang berbahaya untuk kesehatan. Yang bisa Anda lakukan adalah menjaga dapur tetap bersih senantiasa agar tak terlalu banyak bakteri atau kotoran yang harus dibersihkan menggunakan obat –obat kimia ini.

5. Multifungsi

Dapur saat ini bukan hanya sebagai tempat memasak, tapi bisa juga digabung untuk menerima tamu Anda, terutama jika dapur Anda dengan konsep dapur minimalis. Dengan membersihkan dapur Anda setiap hari akan membuat Anda selalu percaya diri untuk menyambut tamu Anda di dapur.

6. Efisiensi bahan makanan

Percaya atau tidak, banyak dari kita yang terkadang lupa bahan apa saja yang ada didalam lemari es kita sehingga ketika kita sadari bahan makanan sudah membusuk dalam lemari es. Membersihkan dapur, termasuk lemari es akan mencegah kita melupakan bahan-bahan masakan dalam lemari es.

Membersihkan setiap hari dapur Anda memang membutuhkan kedisiplinan, namun ini akan sangat membantu Anda.

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: