5 Tips Tepat Memilih Provider Colocation Indonesia bagi Bisnis

Memilih provider data center atau colocation Indonesia yang tepat bagi bisnis Anda tentunya merupakan keputusan yang penting. Ini karena Anda akan menaruh infrastruktur yang penting bagi bisnis Anda di tangan orang lain. Karenanya sebelum Anda mulai memilah-milah jasa colocation yang ada, ada beberapa kriteria yang harus Anda jadikan pertimbangan, di antaranya:

Lokasi

Contohnya saja Google yang memperhatikan betul lokasi yang digunakan untuk menempatkan Data Center Google di Dunia. Oleh karena itu lokasi merupakan salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika memilih provider colocation.

Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan terkait dengan lokasi adalah seberapa mudahnya seseorang dari perusahaan Anda bisa

provider colocation

provider colocation

datang ke lokasi tersebut. Karena, bila Anda harus meng-upgrade atau memperbaiki peralatan Anda, maka lokasi tersebut tentu harus mudah dicapai. Kedua, apakah lokasi tersebut rentan terhadap bencana, misalnya saja banjir, topan, gempa bumi, dan lain sebagainya.

Fleksibilitas dan Kemungkinan untuk Pengembangan

Anda tentu ingin suatu provider colocation yang mampu memenuhi kebutuhan Anda. Misalnya saja ketika bisnis Anda berkembang, maka Anda mungkin membutuhkan tempat tambahan untuk menaruh server-server tambahan. Cari tahu bagaimana provider memberikan kemungkinan untuk menambah tempat, sumber tenaga, dan konektivitas. Jangan sampai hal ini menghambat pertumbuhan bisnis Anda.

Bisa diandalkan

Memilih provider colocation Indonesia yang bisa diandalkan adalah hal yang penting. Bisa atau tidaknya suatu provider diandalkan diukur dari uptim dalam dunia data center. Suatu provider yang bisa diandalkan harus memiliki lima 9s uptime, artinya mereka bisa diandalkan setidaknya selama 99,999% setiap waktu. Selain itu, Anda juga bisa melihatnya dari sertifkasi staff, feedback dari kostumer dan tenaga on spot dibandingan dengan tenaga outsource.

Efisiensi

Seberapa cepat Anda membutuhkan infrastruktur Anda terbangun dan berjalan? Seberapa cepatnya kira-kira Anda membutuhkan ruang atau rak tambahan untuk server Anda di masa mendatang? Kebanyakan pebisnis tentunya menginginkan tempat mereka dibangun secepat dan seefisiensi mungkin. Pastikan calon provider Anda bisa menginformasikan mengenai timeline pembangunan ini sejelasnya kepada Anda.

Kestabilan Finansial

Masukkanlah kondisi finansial suatu provider ke dalam pertimbangan Anda. Jangan sampai Anda menyewa provider data center yang akan bangkrut dan gulung tikar beberapa tahun kemudian. Idealnya, provider data center harus sanggup menyupport Anda minimal selama 5 tahun. Anda bisa melihat press release, laporan keuangan, dan sejarah keuangan perusahaan tersebut untuk mendapatkan gambaran kondisi finansial perusahaan tersebut.

Semoga tips tadi bisa membantu Anda memilih provider colocation Indonesia yang tepat. (raw)

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: