5 Mitos Salah untuk Tidak Memiliki Asuransi

Kebanyakan orang percaya bahwa asuransi terbaik dapat membuat pikiran serta hati lebih nyaman, namun masih banyak juga orang yang tidak menetapkan asuransi sebagai prioritas utamanya. Hal ini bisa disebabkan oleh kebingungan akan banyaknya tipe asuransi yang bisa menjadi pilihan, misalnya saja asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi unit link, dan asuransi syariah.

Sementara itu, sebagian orang memilih untuk tidak menggunakan asuransi karena merasa tidak sanggup untuk membayar preminya atau

memilih asuransi

memilih asuransi

karena memiliki kebutuhan finansial lainnya yang lebih penting.

Dari sekian banyaknya alasan seseorang untuk tidak mengambil produk asuransi terbaik yang bisa didapat untuk melindungi dirinya serta orang-orang tersayangnya, ada 5 hal atau mitos yang seharusnya tidak menjadi alasan utama Anda untuk tidak mengambil asuransi. Kelima hal tersebut yakni:

Saya masih muda dan sehat. Saya tidak perlu asuransi kesehatan

Kesehatan merupakan harta yang paling berharga dalam hidup seseorang, dan usia yang muda tidak menjamin kesehatan seseorang. Apalagi, gaya hidup masa kini yang serba sibuk serta makin parahnya polusi di perkotaan juga memiliki dampak yang sangat besar kesehatan. Sehingga meskipun Anda merasa muda dan sehat, tidak akan ada yang tahu pasti bagaimana ke depannya kesehatannya. Dan berjaga-jaga sebelum kejadian tentunya akan menjadi solusi yang aman.

Saya memiliki pengasilan yang stabil

Penghasilan Anda yang stabil mungkin bisa untuk mengcover pengeluaran harian Anda saat ini, namun ada beberapa keperluan lain yang perlu dipersiapkan seiring dengan perjalanan hidup Anda. Misalnya saja dana untuk masa pensiun Anda atau dana pendidikanuntuk anak-anak Anda nanti. Terkadang, dana yang  telah Anda simpan atau tabung sendiri tidak bisa membawa anak memasuki sekolah atau universitas yang diinginkan, mengingat besaran biaya pendidikan yang semakin naik tiap tahunnya. Apalagi bila Anda keburu pensiun saat anak-anak masih usia sekolah.

Karenanya, untuk bisa mempersiapkan segala kebutuhan besar tersebut, diperlukan asuransi pensiun atau pendidikan yang harus disiapkan sedini mungkin.

Saya bisa mengandalkan tunjangan kantor atau Jamsostek bila terjadi kecelakaan

Kebanyakan jenis asuransi atau Jamsostek yang disediakan oleh kantor hanya mengcover kecelakaan kerja, yakni kecelakaan yang terjadi berhubungan dengan pekerjaan atau terjadi di lingkungan kerja. Ada juga yang hanya bisa diklaim untuk rawat inap dan hanya untuk penyakit tertentu saja. Sementara bila Anda mengalami kecelakaan di luar pekerjaan atau penyakit yang parah, asuransi kantor tersebut tidak akan bisa mengcovernya. Berbeda bila Anda memiliki asuransi kesehatan sendiri, yang memungkinkan Anda mendapatkan perawatan serta pilihan rumah sakit yang lebih luas lagi.

Kantor masih menanggung ketika saya sakit/kecelakaan dan tidak masuk kantor

Beberapa kantor memang ada yang masih akan membayarkan gaji karyawannya yang sakit atau mengalami kecelakaan hingga si karyawan kembali masuk dan bekerja lagi. Namun, ketika kecelakaan atau sakit yang dialami karyawan ternyata tidak memungkinannya untuk bekerja kembali, maka kantor tidak akan membayarkan gaji karyawan tersebut, sehingga tidak akan ada lagi pemasukan. Tanpa adanya asuransi yang menanggung atau menggantu pendatannya, maka hal ini tentu akan menjadi beban bagi keluarga.

Saya tidak memiliki tanggungan

Kebanyakan orang berpikir hanya mereka yang memiliki tanggungan, seperti anak dan istri, lah yang memerlukan perlindungan asuransi. Padahal meski Anda belum menikah dan tidak memiliki anak, Anda juga masih harus mempertimbangkan mendapatkan asuransi jiwa, sehingga tidak akan menjadi beban bagi orang tua dengan pengeluaran untuk pemakaman dan hutang-hutang yang bisa jadi Anda miliki.

Selain itu, asuransi juga sebaiknya dilakukan sedini mungkin, karena Anda tidak mungkin sendirian saja selamanya. Sedangkan, semakin cepat Anda memiliki asuransi maka akan semakin murah biaya yang harus dibayarkan

Asuransi kesehatan dan jiwa, merupakan jenis asuransi yang harus Anda beli terlebih dulu sebelum Anda membutuhkannya. Waktu yang paling tepat untuk memiliki asuransi jiwa dan kesehatan adalah ketika Anda masih mudah dan sehat untuk mempersiapkannya. Dan meskipun Anda beranggapan tidak akan membutuhkannya sekarang, namun Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. (raw)

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: