5 Hal yang Perlu Pertimbangan Dalam Membeli Tablet

Penjualan tablet samsung kuartal III 2016 dikatakan mengalami penurunan, namun hingga kini masih banyak penjual yang jual tablet samsung loh! Selain tablet samsung tentu masih banyat merk-merk tablet lainnya yang tidak kalah bersaing.

Walaupun dikatakan mengalamai penurunan dalam penjualanannya, tablet memiliki pangsa pasar tersendiri yang disesuaikan dengan selera konsumennya. Bagi Anda yang masih belum puas dengan smartphone dan tetap ingin dilengkapi dengan tablet, berikut beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli tablet baru :

Layar

Layar tablet yang akan Anda beli menjadi point yang paling penting karena layar lah yang menjadi interaksi paling

membeli tablet

utama. Sesuaikan besar layar untuk keperluan Anda. Jika untuk keperluan pekerjaan kantor sangat disarankan Anda memilih layar yag lebih besar agar lebih nyaman, namun pastikan juga tablet ini membuat Anda tetap praktis.

Selain ukuran, perhatikan juga kesensitifan layar. Misalnya, layar capacitive lebih sensitif dibandingkan dengan layar berjenis resistive. Namun perlu di ingat juga meskipun sama-sama mengusung jenis layar capacitive tingkat sensitifitas layar dapat berbeda-beda untuk merek tablet Android yang berbeda

CPU dan RAM

CPU terdiri processor dan chip grafis, sedangkan RAM merupakan kapasitas memori. Perlu diingat RAM ini bukanlah memori penyimpanan internal atau eksternal di tablet.

CPU dan RAM ibarat prajurit utama untuk mendukung kinerja tablet yang akan Anda beli. Semakin tinggi CPU dan RAM akan semakin baik karena Anda tidak perlu takut tablet akan “hang” ketika Anda menjalan aplikasi-aplikasi dalam tablet Anda. Maka sangat disarankan Anda melakukan pembandingan. Misalnya harga tablet samsung A memiliki performa CPU dan RAM yang lebih baik dibandingan tablet merk B dengan harga yang tidak beda jauh, ¬†jadi tau kan mana yg harus Anda pilih?

Operating System dan Software

Untuk operarting sytem dan software perlu diperhatikan seberapa sanggup tablet yang akan dibeli mengikuti perkembangan operating system nantinya. Jangan sampai tablet yang dibeli hanya mampu update hanya samapai 2 kali update OS Android misalnya.

Konektivitas Data

Beberapa vendor tablet tidak memiliki dukungan terhadap SIM card pada tablet keluaran mereka, sehingga tidak mendukung jaringan GPRS atau CDMA dan koneksi internet hanya bisa dilakukan menggunakan koneksi Wi-Fi atau memasang modem eksternal, ini harus menjadi pertimbangan Anda.

Untuk kepraktisan sangat disarankan membeli tablet dengan diisi Sim Card 

Fitur-fitur Penunjang

Selain hal-hal diatas, fitur-fitur penunjang seperti kamera, USB port, HDMI port, garansi, dan purna jual perlu Anda perhatikan juga. Namun, semakin bagus fitur-fitur penunjang ini maka harga tablet pun akan dipengaruhi.

Pertimbangkan apakah Anda membutuhkan fitur-fitur ini penunjang ini? Jika tidak terlalu maka dapat Anda jadikan “bonus’ saja.

Selamat membeli tablet

 

Tags: , ,

Leave a Reply