5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menyewa Apartemen di Jakarta

Mencari available apartment in Jakarta bukanlah hal yang mudah. Meskipun bangunan apartemen memenuhi seluruh pelosok Jakarta, menemukan yang pas dan sesuai dengan apa yang kita inginkan tentulah sangat sulit terutama bagi kita yang suka dan nyaman tinggal di apartemen mungil karena tidak ribet dibersihkan mencari apartemen mungil dengan fasilitas serta lokasi terbaik itu susah banget.. Jika pun bertemu yang cocok, seringkali unitnya sudah terisi penuh sehingga kita masuk daftar waiting list. Namun demikian, jika kalian termasuk ke dalam

harga ekonomis

harga ekonomis

golongan yang berhasil dan menemukan apartemen impian di Jakarta, jangan lupa untuk mengecek beberapa hal di bawah ini. Sebab, masih banyak yang belum pahan tentang prosedur penyewaan apartemen. Berikut daftarnya:

  1. Cat dinding tidak boleh diubah. Tidak banyak yang memahami bahwa menyewa apartemen tidak sama dengan memilikinya. Oleh sebab itu, penyewa tidak boleh mengubah bagian dalam unit apartemen secara permanen. Sebab pemilik apartemen akan meminta unit apartemennya dikembalikan seperti kondisi semula saat penyewaan dimulai. Dengan demikian, mengecat dinding apartemen dengan menggunakan warna yang kita suka tidaklah diperbolehkan. Tidak hanya itu, menempeli dinding dengan wall sticker atau wallpaper juga tidak boleh. Namun demikian, beberapa pemilik memperbolehkan hal ini jadi sebaiknya dikomunikasikan dulu sebelum dilakukan. Jangan melakukan tanpa meminta persetujuan pemilik karena jika terjadi sesuatu pada apartemen, deposit yang dibayarkan saat awal penyewaan tidak akan dikembalikan.
  2. Pengelolaan sampah dan tanaman. Patut diketahui, pengelolaan sampah di apartemen harus dilakukan oleh penghuni. Biasanya, pihak apartemen akan memberikan tempat sampah yang dibedakan menjadi dua jenis yakni sampah organik dan anorganik. Adalah kewajiban pemilik apartemen untuk mengelola sendiri sampahnya dan memisahkannya berdasarkan jenis tersebut. Untuk tanaman, mengingat apartemen tidak memberikan lahan untuk bercocok tanam, kita bisa memanfaatkan bagian balkon untuk menyimpan pot tanaman.
  3. Lahan parkir. Patut diingat, biasanya apartemen hanya memberikan satu slot parkir untuk setiap jenis kendaraan, yakni 1 slot untuk mobil dan 1 slot untuk motor. Namun demikian, kita harus memastikan lagi sebelum mulai menyewa, apakah parkir ini sifatnya gratis atau harus bayar? Jika memang bayar, bagaimana sistemnya? Dibayarkan secara tunai untuk satu tahun atau hitungannya perhari? Jangan lupa juga untuk mendaftarkan kendaraan saat mulai menyewa apartemen, ya.
  4. Fasilitas yang didapatkan. Sebagai penyewa, kita juga harus tahu fasilitas apa yang kita dapatkan dengan biaya sewa yang sudah dibayarkan. Biasanya, apartemen memiliki fasilitas kolam renang, gym, dan lain sebagainya. Cek apakah biaya sewa sudah termasuk dengan fasilitas ini atau dikenakan biaya tambahan. Rugi sekali kan kalau kita hanya membayar sewa tanpa tahu fasilitas apa yang didapatkan?
  5. Biaya sewa sesuai pendapatan. Ini dia yang paling penting untuk diperhatikan: carilah apartemen yang biaya sewanya sesuai dengan pendapatan kita. Jangan memaksakan diri untuk menyewa apartemen yang biaya sewanya hampir melebihi pendapatan. Pastikan pula biaya yang dibayarkan sebanding dengan apa yang didapatkan.

Lima hal di atas merupakan hal yang esensial untuk diperhatikan saat hendak menyewa apartemen di Jakarta. Semoga membantu dan selamat mencari apartemen impian!

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: