5 Cara Hemat Memakai AC

Penggunaan air conditioner (AC) tidak dapat dihindari lagi bila Anda tinggal di daerah seperti Jakarta dan kota-kota lainnya yang secara umum sangat tidak sejuk. Tapi disisi lain penggunaan AC juga akan membuat boros listrik dan tidak ramah lingkungan.

Melihat fakta yang ada, Anda masih bisa menggunakan air conditioner tapi tentu saja dengan penggunaan yang cerdas:

1. Sesuaikan kapasitas air conditionerdengan luar ruangan yang ditempati. Kapasitas air conditioner yang besar untuk ditempatkan di kamar kecil akan sangat tidak berguna. Seberapa besar efisiensi AC ? bandingkanĀ  rasio masukan dan keluaran. Untuk AC,

air conditioner

air conditioner

nilai efisiensi biasanya dinyatakan dalam angka EER (energy efficiency ratio) dengan satuan Btu/Wh. Angka EER merupakan perbandingan antara kapasitas pendinginan dalam satuan Btu/jam (Btu/h) dan konsumsi daya dalam satuan Watt (W). Semakin tinggi nilainya, artinya semakin hemat energi. Pada saat tulisan ini dibuat, AC hemat energi biasanya memiliki angka EER di atas 12.

2.Nyalakan air conditioner sesaat sebelum tidur dan pasang timer setelah beberapa jam agar mati sendiri sehingga lebih hemat listrik. Setelah air conditioner dimatikan, suhu udara didalam kamar akan tetap sejuk

3.Matikan air conditionerĀ  ketika Anda akan kelaur dari ruangan dengan waktu yang lama

4.Pilih freon yang ramah lingkingan, Freon merupakan bahan cair yang menghasilkan dingin dalam AC-nya. Banyak sekali AC yang memiliki freon tidak ramah lingkungan. Namun, Anda harus memilih AC yang ramah lingkungan, misalnya freon hidrokarbon. Dengan demikian, pengeluaran untuk biaya listrik menjadi lebih hemat.

5.Setiap beberapa bulan sekali secara teratur bersihkan filter AC, sirip AC dan coil kondensor secara teratur

Dengan memelihara AC secara rutin, Anda dapat menghemat listrik sampai dengan 20%. Energi yang dikonsumsi peralatan pendingin akan lebih rendah 10% pada kondensor yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Terganggunya sirkulasi udara yang disebabkan oleh debu yang menumpuk, mengakibatkan kondensor mengkonsumsi lebih banyak listrik.

Melakukan hal-hal yang terlihat sepele dengan air conditioner ini tapi tentu saja akan sangat bermanfaat untuk menghemat listrik sekaligus tetap menjaga bumi. (Mew)

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*