4 Penyebab Trafik Blog Menurun Drastis

Traffic blog atau website menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian oleh seorang SEO Consulant. Traffic yang turun apalagi jika turun dengan drastis patut diwaspadai karena akan berpengaruh pada website.

Jika Anda mengalami traffic yang turun, ketahui terlebih dahulu mengapa terjadi penurunan, setelah itu Anda dapat memperbaiki kesalahan pada website/blog Anda.

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan traffic Anda turun:

  1. Keyword Khusus/ Musiman

Keyword khusus atau musiman ini adalah keyword yang berdasarkan tren atau keyword yang hanya populer pada jangka waktu tertentu, setelah itu maka hanya sedikit sekali pencarian akan keyword tersebut.

Keyword khusus seperti ini biasanya dipakai oleh blog berita yang mengangkat artikel berita- berita terupdate seperti piala dunia, gosip artisdan sebagainya

  1. Persaingan Meningkat

Setiap keyword memiliki kompetitornya masing-masing, termasuk untuk artikel. Ketika website atau blog Anda selalu muncul dihalaman 1 dengan keyword tertentu, bisa saja keesokannya ketika ada trend atau berita yang heboh  akan bermunculan artikel-artikel baru yang akan muncul dihalaman pertama google.

  1. Kualitas Konten

Konten yang berkualitas akan mendatangkan banyak traffic dari pembaca. Konten berkualitas seperti ini yang akan selalu berada dihalaman pertama Google. Setiap waktu, banyak konten-konten yang dibuat dan bermunculan di halaman Google sehingga kompetisi semakin tinggi. Jika website/blog Anda sudah tidak muncul di halaman pertama Google, tentunya pengunjung akan berkurang. Jalan keluarnya adalah selalu membuat artikel/konten yang berkualitas

  1. Over Optimize

Masalah over optimized seringkali ditemui oleh mereka yang baru memulai opptimasi website. Over Optimized bisa berasal dari on Page maupun Off page. Kesalahan pada SEO On Page ada pada keyword yang bersifat spamming, sedangkan SEO Off Page bisa saja backlink berasal dari situs berauthority rendah atau penanaman backlink secara brutal. Hal seperti inilah yang akan membuat trafik blog menurun. Solusinya adalah dengan melakukan optimasi secara wajar dan terlihat natural.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: