4 Makanan Untuk Penderita Asma

Penyakit asma merupakan salah satu penyakit pernafasan yang umum dan sering ditemukan di masyarakat, berasal dari bahasa Yunani yaitu “asthma” yang artinya sulit bernafas. Secara umum penyakit asma dapat diartikan sebagai suatu jenis penyakit gangguan penyakit pernafasan khususnya terjadi pada paru-paru, dan diakibatkan oleh penyempitan saluran pernafasan karena adanya aktifitas berlebih. Hal ini menyebabkan peradangan serta penyempitan pembuluh darah dan menghambat aliran oksigen ke paru-paru dan

penyakit pernafasan

penyakit pernafasan

rongga dada. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi juga menyerang anak-anak, dan efek yang ditimbulkan oleh penyakit ini saat menyerang anak-anak adalah bersifat kronis. Penyakit asma yang menyerang anak-anak berakibat pada terbatasnya aktifitas yang bisa dilakukan sang anak. Pemicu penyakit berbeda pada setiap penderitanya, namun secara umum disebabkan oleh:

  • Asap hasil pembakaran (rokok/kayu bakar/sejenisnya)
  • Polusi udara (Asap kendaraan bermotor)
  • Menghirup iritan saluran pernafasan (sabun/disinfektan/parfum/sejenisnya)
  • Faktor cuaca ekstrem (terlalu dingin/terlalu panas)
  • Aktivitas yang menyebabkan kelelahan fisik (olahraga)

Untuk mengatasi jenis Penyakit Pernafasan Manusia seperti Asma ini banyak orang yang menggunakan obat dengan golongan Bronkodilator yang berfungsi untuk melebarkan saluran pernafasan dengan cara melemaskan otot disaluran pernafasan yang sedang mengkerut. Namun selain dengan obat-obatan kimia, bagi para penderita asma bisa mengatasi penyakitnya dengan mengkonsumsi beberapa makanan tersebut:

  • Buah Pisang

Menurut ahli gizi terkemuka di Australia yaitu Glen Cardwell mengkonsumsi buah pisang secara teratur dapat meringankan gejala asma yang terjadi pada anak-anak (berdasarkan pada hasil survey yang dilakukan oleh tim peneliti). Masih belum bisa dipastikan pengaruh pasti buah ini terhadap penyakit asma dan masih dalam penelitian lebih lanjut.

  • Buah Alpukat

Alpukat mengandung L-glutathione yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas serta mengontrol asma. Zat ini dapat secara sistematis mencegah inflamasi dan mengganti sel-sel yang rusak dengan cepat, karena itulah penyakit asma dapat dikontrol.

  • Kubis

Sayuran ini mengandung sumber alami vitamin C dan sumber fitokimia beta karoten sebagai antioksidan dan mampu memblokir radikal bebas dan bertanggung jawab pada kontraksi otot polos saluran pernafasan bagian dalam.

  • Jahe dan Madu

Madu bermanfaat untuk membersihkan lendir pada saluran pernafasan sementara jahe bermanfaat untuk menghentikan radang dan lendir dari saluran pernafasan.

Tags: , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

Pingbacks/Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*