4 Cara Tempat Tinggal Bebas Debu

Debu merupakan sebuah partikel yang dapat kita temukan dimana saja. Baik di rumah, apartment mega kuningan, kantor, dan berbagai tempat lainnya. Ukurannya memang sangat kecil, namun bagi kamu yang alergi, keberadaan debu ini akan sangat mengganggu. Itulah sebabnya, bagi kamu yang mengalami masalah tersebut, sangat dianjurkan untuk menggunakan masker dan selalu menjaga kebersihan ruangan agar terhindar dari alergi.

Sebenarnya menjaga kebersihan ruangan dari debu tidak hanya berlaku untuk kamu yang memiliki alergi saja, tetapi juga kita semua. Sebab, debu ini jika dibiarkan begitu saja dan semakin tebal, bisa menyebabkan masalah penyakit

debu rumah

debu rumah

pernafasan. Nah, mungkin kamu merasa bahwa dengan menyapu dan mengepel lantai rumah setiap hari itu sudah cukup. Padahal, itu belum cukup, loh. Ada beberapa hal penting lain yang terkadang suka kamu lupakan, yaitu:

  • Membersihkan pajangan

Untuk kamu yang malas bersih-bersih, sebaiknya hindari memiliki berbagai macam pajangan di rumah. Sebab, semakin banyak pajangan yang ada di rumahmu maka akan semakin banyak juga debu yang ada di sana. Sebaiknya hanya pajang berbagai benda yang kamu butuhkan saja, sehingga akan mudah bagi kamu untuk membersihkannya.

  • Mengganti saringan udara pada ventilasi

Ada beberapa orang yang menggunakan saringan udara pada ventilasi ataupun pada bagian luar pintu. Tujuannya, agar udara dapat bersirkulasi dengan lancar namun debu dan nyamuk tidak ikut masuk ke dalam rumah. Sayangnya, mereka hanya memasangnya satu kali dan kemudian membiarkannya begitu saja tanpa menggantinya. Bahkan terkadang kamu bisa melihat adanya saringan udara yang benar-benar kotor hingga berwarna hitam. Artinya udara yang masuk ke dalam rumahpun sudah menjadi tidak sehat, bahkan sirkulasi udara akan dapat terganggu karenanya.

  • Rajin mengganti gorden, seprai dan selimut

Gorden, seprai dan selimut juga bisa menjadi sarang berkumpulnya debu. Apalagi gorden, yang cenderung jarang tersentuh. Memang debunya tidak akan terlihat secara kasat mata, namun bukan berarti tidak ada. Jika kamu mengabaikannya begitu saja, maka jangan heran jika kamu sering mengalami masalah pernafasan. Hal yang sederhananya yaitu, batuk yang tak kunjung sembuh.

  • Mengecat rumah secara berkala

Jangan pernah berpikir bahwa dinding terbebas dari debu dan bakteri. Justru, bagian ini bisa menjadi sarang debu jika tidak pernah dibersihkan. Cara paling baik membersihkan dinding yaitu, dengan melakukan pengecatan dinding rumah secara berkala. Misalnya, beberapa tahun sekali. (Vita)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: