3 Tips Memilih Sepatu Futsal

Olahraga futsal adalah salah satu olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat saat ini. Namun, sama seperti olahraga lainnya, futsalpun memiliki risiko mencederai pemainnya. Salah satu penyebabnya adalah ketika rumput futsal yang digunakan oleh pengelola lapangan futsal tidak terpasang dengan baik sehingga berisiko membuat pemain tersandung. Itulah sebabnya, memilih lapangan futsal untuk tempat bermain futsal tidak boleh dilakukan sembarangan.

Selain masalah kualitas dan pemasangan rumput, pemilihan sepatu futsal yang akan kamu gunakan untuk bermain

sepatu futsal

sepatu futsal

juga tidak boleh sembarangan. Sebab sepatu futsal yang salah juga akan berisiko menyebabkanmu cidera. Nah, supaya kamu aman dari risiko ini, yuk ketahui tips memilih sepatu futsal yang tepat:

  1. Sesuaikan gaya bermain

Setiap orang pasti memiliki gaya yang berbeda saat bermain futsal. Gaya bermain yang dimaksud adalah posisimu saat bermain, apakah kamu bertindak sebagai kiper, penyerang, ataukah pengumpan. Pemilihan sepatu yang tepat akan dapat membantumu bergerak dengan lebih nyaman dan bermain lebih maksimal.

  1. Sesuaikan bentuk kaki

Bentuk kaki setiap orang bisa saja berbeda. Inilah hal yang harus kamu pahami saat membeli alas kaki, khususnya sepatu untuk berolahraga. Sebab, saat bermain futsal kamu pasti akan aktif bergerak dan sepatu yang sesuai dengan bentuk kakimu akan menghindarkanmu dari rasa sakit yang mungkin muncul. Cara mengetahui bentuk kaki tidaklah sulit, kamu hanya perlu membasahi kaki dan kemudian menginjakkannya pada kertas atau apapun yang bisa mencetak bentuk kaki.

  1. Material

Pastikan bahwa material yang digunakan untuk membuat sepatu adalah material berkualitas. Disarankan untuk menggunakan sepatu dengan material atau bahan dasar kulit asli karena akan dapat menyesuaikan bentuk kaki. Selain itu, material ini juga dapat melentur hingga sekitar 0,5 cm. Namun, jika sepatu yang kamu beli hanya menggunakan material kulit sintetis, maka kamu bisa memberikan jarak sekitar 0,5 cm dari ukuran kakimu. Sebab, ukuran sepatu yang terlalu ketat di kakimu akan membuat kakimu rentan cidera. Namun, jika ukurannya terlalu besar akan membuatmu tidak nyaman menggunakannya.

Memang, membeli sepatu sesuai dengan model yang disukai boleh saja. Apalagi jika sepatu memiliki harga yang cukup mahal. Namun, jangan sampai kamu memaksakan diri membeli sepatu hanya berdasarkan modelnya saja dan akhirnya sakit saat digunakan. (Vita)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: