3 Pertanyaan Penting dalam Memilih Asuransi Jiwa

Ketika Anda hendak membeli sesuatu dengan nilai yang besar, entah itu rumah atau mobil, bertanya lebih dulu merupakan proses yang penting. Semakin banyak pertanyaan yang Anda pertanyakan maka semakin besar pula informasi yang  bisa didapat yang akan membantu Anda dalam menentukan keputusan akhir Anda. Begitu juga dalam hal memilih asuransi jiwa.

Mengingat pemilihan asuransi ini bisa sangat rumit dengan banyak jenis dan penawaran yang ada saat ini, bertanya bisa menjadi bantuan Anda dalam menentukan asuransi mana yang tepat dari semua pilihan yang ada. Anda yang berniat untuk mengambil asuransi jiwa sebaiknya mempertanyakan tiga hal penting berikut ini:

asuransi jiwa

asuransi jiwa

Seberapa besarkan keperluan Anda?

Rata-rata standar besar kebutuhan ini adalah sekitar tujuh hingga sepuluh kali besaran pendapatan tahunan. Tentunya angka ini bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Cara lain untuk menghitungnya seberapa besar perlindungan yang Anda butuhkan adalah dengan mengetahui sebesarapa besar pengeluaran Anda perbulannya. Dari jumlah pengeluaran per bulan ini Anda bisa mendapatkan angka perlindung yang dibutuhkan Anda dan keluarga sesuai dengan seberapa lama pengeluaran yang ingin Anda cover, apakah itu sepuluh tahun atau 20 tahun misalnya.

Term life insurance atau whole life insurance?

Term life insurance atau asuransi jiwa berjangkan dan whole life insurance atau asuransi seumur hidup memiliki fungsi yang berbeda. Untuk memilihnya Anda harus menysuaikannya dengan kebutuhan yang ingin anda capai. Misalnya saja asuransi jiwa berjangka hanya memberikan perlindungan dalam jangka waktu tertentu saja. Perusahaan hanya akan membayar tanggungan apabila yang tertanggung meninggla dunia dalam jangka waktu yang disepakati sebelumnya. Karena itu, asuransi ini biasanya memiliki premi yang lebih murah dibandingkan dengan asuransi seumur hidup. Asuransi jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi keluarga yang menginginkan perlindungan hanya sampai anak mereka dewasa atau sampai cicilan KPR mereka terbayar lunas, misalnya.

Sementara asuransi seumur hidup akan tetap berjalan sepanjang hidup Anda, selama Anda masih membayar preminya. Karena itu juga, premi asuransi ini biasanya akan lebih tinggi dibandingkan dengan asuransi jiwa berjangka, namun juga biasanya memiliki penawaran yang lebih fleksibel. Beberapa perusahaan asuransi jiwa ini tidak hanya menjamin pertanggungan kematian, namun juga memungkinkan premi yang Anda bayarkan selama asuransi berjalan pun masih bisa Anda manfaatkan untuk keperluan lain ketika Anda masih hidup.

Setiap perusahaan asuransi jiwa memiliki ke-2 produk ini. Beberapa perusahaan asuransi jiwa meminta para calon pembelinya untuk melakukan tes kesehatan.  Tes kesehatan asuransi jiwa digunakan untuk mengetahui seberapa besarkah resiko kesehatan Anda.

Apakah asuransi jiwa dari perusahaan tempat Anda bekerja saja sudah cukup?

Banyak perusahaan yang memberikan asuransi jiwa bagi para karyawannya. Biasanya perusahaan akan membantu untuk membayar preminya dan bisanya tidak diperlukan pemeriksaan kesehatan sebelumnya seperti yang biasa dilakukan pada asuransi jiwa pada umumnya. Namun, kebijakan ini bisanya bisa lebih mahal dibandingkan Anda menggunakan asuransi jiwa dari luar kantor. Selain itu, jumlah pertanggungan yang didapat biasanya tidak jarang hanya sebesar satu kali gaji tahunan Anda, yang artinya tidak akan cukup untuk melindungi Anda dan keluarga.

Memilih asuransi memang bisa menjadi sesuatu yang rumit, namun mengetahui pertanyaan yang tepat seperti dia tas akan membuat Anda lebih percaya diri serta membantu Anda dalam mendapatkan asuransi jiwa yang tepat bagi Anda dan keluarga. Semoga membantu. (raw)

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: