3 Jenis Subtitle dan Penggunaannya

Bagi kamu yang suka mendownload video dengan memanfaatkan koneksi dari tv kabel dan internet di rumah, pasti sudah kenal dengan yang namanya subtitle. Apalagi, jika film, seri, atau acara yang kamu tonton berasal dari luar negeri. Subtitle, menjadi hal yang wajib ada. Sebab, tanpa adanya subtitle ini kamu tidak akan mengerti apa yang sebenarnya sedang mereka ucapkan.

Nah, ketika sedang mencari subtitle, mungkin kamu sudah sering mendengar istilah softsub dan hardsub. Tapi, tahukah kamu bahwa jika berdasarkan distribusinya, ternyata subtitle bisa terbagi menjadi 3, yaitu:

  • Hardsub

Sederhananya, ini adalah jenis subtitle yang menempel pada sebuah video dan merupakan bagian dari open subtitle, yaitu subtitle yang bisa dilihat oleh semua orang dan tidak bisa dihapus dari dalam video. Untuk membuat subtitle ini cukup rumit, karena setelah subtitle dibuat menggunakan sebuah aplikasi khusus, maka harus melalui proses lain untuk memasukkannya ke dalam video. Selain itu, karena sudah menempel dalam video, maka tidak mungkin jika dalam video tersebut terdapat pilihan bahasa. Subtitle jenis ini sering digunakan oleh para fansubbers, karena tidak bisa diedit atau dihapus, sehingga penggunanya tidak bisa sesuka hati menghapus watermark yang sudah dipasang.

  • Softsub

Softsub merupakan bagian dari closed subtitle, atau subtile yang dapat diaktifkan maupun dinonaktifkan. Sub jenis ini terpisah dari frame video dan bisa dengan mudah di edit jika kita memiliki aplikasi pendukungnya. Biasanya, bentuk filenya berupa .srt atau .ass dan memiliki nama file yang sama dengan nama videonya. Subtitle jenis ini terkadang juga sering digunakan oleh para fansubber yang memang mengizinkan penggunanya untuk memodifikasi sub hasil kerja mereka. Namun, kelemahan dari file ini adalah, ada beberapa aplikasi pemutar video yang tidak bisa menampilkan subtitle dengan jenis ini. Akibatnya, video yang dimainkan tidak akan memiliki sub.

  • Prerendered subtitle

Mirip dengan softsub, karena sub ini terpisah dari frame video dan bagian dari closed subtitle. Subtitle ini berupa lapisan yang dipasang diatas video asli. Namun, untuk mengedit subtitle jenis ini membutuhkan proses yang rumit, berbeda dengan softsub yang bisa diedit dengan mudah. Untuk sub ini, biasanya digunakan pada DVD atau BluRay yang menyediakan berbagai pilihan bahasa untuk penontonnya.

Nah, menurut kamu sendiri, antara ketiga jenis subtitle ini, mana yang paling sering kamu gunakan? (Vita)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: