3 Alasan Mengapa Anda Harus Membaca Buku Sebelum Tidur

Definisi nyaman bagi setiap orang tentunya berbeda. Jika Anda adalah seorang yang gila baca, definisi nyaman untuk Anda adalah tertidur di ranjang yang hangat dengan sebuah buku menarik di tangan Anda. Well, calling all the bookworm out there! Ya, bagi seorang bookworm alias si gila baca, membawa buku ke tempat tidur adalah hal sederhana yang membuat bahagia. Tingkat sederhananya seperti menyalakan pemanas air ketika udara dingin, seperti makan ketika perut terasa lapar, dan seperti makan es krim di siang hari. Singkatnya, sangat sederhana sekali

Bagi sebagian orang, membaca buku sebelum tidur adalah hal yang tidak umum. Padahal, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk Anda. Jika selama ini Anda sulit tidur, mungkin Anda bisa mulai meminjam kebiasaan dari para 1si gila baca ini, yaitu membaca buku beberapa saat sebelum tidur. Yuk, simak beberapa manfaatnya!

  1. Membaca membuat pikiran Anda relaks. Ternyata, bukan hanya mendengar musik instrumental saja yang membuat pikiran Anda tenang. Membaca buku juga memberikan efek yang serupa. Mengapa demikian? Sebab ketika membaca buku, Anda akan terbawa ke dunia imajinasi yang ditawarkan penulis dan melupakan realita selama beberapa saat. Anda akan menyingkirkan pikiran-pikiran yang sejak pagi mengganggu otak Anda dan menggantinya dengan fiksi yang Anda baca.
  2. Membuat tidur menjadi lebih mudah. Tidak ada lagi yang namanya susah terlelap jika Anda sudah memulai aktivitas membaca sebelum tertidur. Membaca merupakan salah satu cara memancing kantuk yang paling ampuh. Saking tenggelamnya dalam buku yang sedang Anda baca, Anda sampai tidak sadar bahwa kantuk sudah menyerang dan membuat Anda ingin mengistirahatkan mata barang sejenak. Dan seringnya, tanpa Anda sadari, Anda sudah jatuh tertidur dengan buku yang terbuka di tangan Anda.
  3. Meningkatkan fungsi otak. Ingin melatih otak dengan cara yang menyenangkan dan tidak membuat kepala pusing? Cobalah membaca buku. Membaca membuat otak Anda berpikir lebih keras tanpa Anda sadari. Anda akan dihadapkan dengan untaian kata-kata yang merangsang sisi kebahasaan Anda dan Anda pun akan dihadapkan dengan aksi-reaksi yang ada di dalam plot cerita untuk mengasah logika Anda.

Nah, setelah membaca ketiga alasan di atas, apakah Anda masih mau menolak aktivitas membaca sebelum tidur? (Tr)

Tags: 

Leave a Reply

%d bloggers like this: