11 Tips Aman Naik Taksi

Banyaknya Taxi Jakarta  yang tersedia dimana-mana kini memberikan alternatif lain untuk bepergian, selain itu beberapa orang merasa akan lebih aman jika mereka naik taxi dibandingkan kendaraan umum. Namun bepergian menggunakan taxi Jakarta tidak sepenuhnya membuat Anda merasa aman, karena kejahatanpun juga sangat sering terjadi di dalam taksi juga. Maraknya kejahatan di dalam taksi sebenarnya dapat dihindari.

Berikut ini tips aman  yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan taxi :

  1. Usahakan memesan taksi menggunakan mobile reservation ataupun telepon karena pasti terdeteksi
  2. Cara Memesan Taxi di Indonesia untuk  beberapa tempat akan ada outlet-outlet untuk naik taksi dan akan ada petugas
    tips aman

    tips aman

    petugas yang mencatat tujuan penumpang dan nomor lambung taksi, ini dapat menjadi alternatif yang lebih baik dibandingkan dengan menghentikan taksi di pinggir jalan.

  3. Apabila terpaksa menghentikan taksi di pinggir jalan, pastikan Anda memilih taksi yang legal dan berlisensi. Jangan tertipu dengan warna taksi yang hampir sama. Apabila sudah terlanjur menghentikan taksi yang salah, Anda berhak membatalkannya.
  4. Selalu catat nomor taksi dan nama pengemudi. Lalu, cocokkan foto dengan muka pengemudi untuk menghindari ”sopir tembak”.
  5. Pilih taksi yang menggunakan argo karena lebih terpercaya, ini juga menghindari Anda dikenai biaya yang tinggi
  6. Perhatikan sopir taksi yang mengemudi, jika penampilannya terlihat mencurigakan segera minta berhenti di tempat yang ramai.
  7. Selalu pegang ponsel untuk keadaan darurat.
  8. Bila Anda merasa kurang aman dengan taksi yang Anda tumpangi beritahukan orang terdekat Anda nomor taksi dan nama pengemudi serta tempat tujuan Anda. Ini bermanfaat untuk menjamin keamanan Anda dan memainkan psikologis pengemudi jika dia ingin berbuat tidak baik.
  9. Fokus pada perjalanan Anda, ini memperkecil kemungkinan Anda di bawa muter-muter oleh pengemudi taksi
  10. Perhatikan pandangan supir melalui spion. Apabila pandangan pengemudi tidak fokus ke jalan Anda boleh mulai lebih waspada.
  11. Selain waspada terhadap taksi yang Anda naiki, waspada juga terhadapa sekeliling Anda. Pastikan pintu taksi sudah terkunci sehingga tidak ada orang luar yang tiba-tiba membuka pintu dari luar.

Seperti yang sering kita dengar bahwa kejahatan terjadi karena adanya kesempatan, maka dari itu selalulah waspada. (Mew)

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: